Peningkatan hasil belajar kegiatan ekonomi dan pekerjaan di lingkungan sekitar dan provinsi melalui model mind mapping kelas IV SDN Karangtengah 3 Blitar / Novi Laningtyas

Laningtyas, Novi (2018) Peningkatan hasil belajar kegiatan ekonomi dan pekerjaan di lingkungan sekitar dan provinsi melalui model mind mapping kelas IV SDN Karangtengah 3 Blitar / Novi Laningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Laningtyas, Novi. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Kegiatan Ekonomi dan Pekerjaan di Lingkungan Sekitar dan Provinsi Melalui Model Mind Mapping Kelas IV SDN Karangtengah 3 Blitar. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Suminah, S.Pd., M.Pd. (II) Prof. Dr. H. M. Zainuddin, M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar, ilmu pengetahuan sosial, mind mapping Siswa tentu kurang dapat tertarik pada materi pembelajaran jika pembelajaran terus bergantung pada penjelasan guru dan membaca buku saja, terlebih pada Kompetensi Dasar Kegiatan Ekonomi dan Hubungannya dengan Berbagai Bidang Pekerjaan, serta Kehidupan Sosial dan Budaya di Lingkungan Sekitar khususnya pada muatan IPS. Hal ini akan berdampak pada laju perkembangan hasil belajar siswa. Keterlibatan aktif siswa di dalam pembelajaran sangat diperlukan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui penerapan model Mind Mapping pada siswa kelas IV SDN Karangtengah 3 Blitar dan (2) mengetahui model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Kegiatan Ekonomi dan Pekerjaan di Lingkungan Sekitar dan Provinsi pada siswa kelas IV SDN Karangtengah 3 Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Dilaksanakan 2 siklus, dengan masing-masing siklus terdapat 2 kali pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil persentase aktivitas guru memiliki kriteria sangat baik pada siklus I dan II. Hasil persentase skor aktivitas siswa siklus I dengan kriteria cukup, meningkat menjadi kriteria baik pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan keaktifan siswa, kepercayaan diri siswa, mengasah kreativitas siswa, dan memudahkan siswa dalam memahami materi. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pada materi Kegiatan Ekonomi dan Pekerjaan di Lingkungan Sekitar dan Provinsi yang telah dilaksanakan pada siklus I dan II menunjukkan adanya peningkatan aktivitas yang dilakukan oleh guru dan siswa dalam menerapkan model Mind Mapping. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi Kegiatan Ekonomi dan Pekerjaan di Lingkungan Sekitar dan Provinsi pada siswa kelas IV SDN Karangtengah 3 Blitar dan disarankan apabila guru ingin meningkatkan hasil belajar IPS dapat menerapkan model Mind Mapping.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6905

Actions (login required)

View Item View Item