Analisis pertanyaan bacaan pada buku siswa kelas II tema Hidup Bersih dan Sehat berdasarkan cognitive taksonomi bloom revisi / Kevina Adelita

Adelita, Kevina (2018) Analisis pertanyaan bacaan pada buku siswa kelas II tema Hidup Bersih dan Sehat berdasarkan cognitive taksonomi bloom revisi / Kevina Adelita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Adelita, Kevina. 2018. Analisis Pertanyaan Bacaan pada Buku Siswa Kelas II Tema Hidup Bersih dan Sehat Berdasarkan Cognitive Taksonomi Bloom Revisi. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Rochani, S.Pd, M.Pd., (II) Dra. Tri Murti, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: analisis, pertanyaan bacaan, buku siswa Dalam Kurikulum 2013, buku siswa merupakan bahan ajar utama yang digunakan dalam pembelajaran SD, SMP, dan SMA sesuai dengan permendikbud. Namun dalam proses belajar mengajar terjadi beberapa masalah salahsatunya adalah terjadinya kekurangan pertanyaan bacaan tingat tinggi yang terjadi pada siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Berdasarkan hal tersebut penelitian dilakukan secara mendalam tentang Analisis pertanyaan bacaan pada buku siswa. Fokus penelitian yaitu mendeskripsikan jumlah pertanyaan bacaan, jumlah pertanyaan bacaan terendah dan tertinggi, dan pertanyaan bacaan yang tergolong mudah, sedang, sulit pada buku siswa tema hidup bersih dan sehat di kelas II Sekolah Dasar berdasarkan Cognitive Taksonomi Bloom revisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dirancang dengan teknik dokumentasi. Sumber data yang digunakan berupa dokumen buku siswa kelas II SD tema hidup bersih dan sehat edisi revisi 2017. Proses analisis data dilakukan 3 tahap, yakni reduksi data, pemaparan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan dari 150 pertanyaan bacaan pada buku siswa tema hidup bersih dan sehat terdapat 31 atau 20,7% menggunakan kategori C1, 52 atau 34,6% menggunakan kategori C2, 12 atau 8% menggunakan kategori C3, 21 atau 14%, menggunakan kategori C4, 24 atau 16% menggunakan kategori C5, dan 10 atau 6,7% menggunakan kategori C6. Jumlah pertanyaan bacaan tertinggi adalah kategori C2 dan jumlah terendah adalah kategori C3. Persentase pertanyaan bacaan tergolong mudah 55,3%, pertanyaan bacaan tergolong sedang 22%, dan pertanyaan bacaan tergolong sulit 22,7% Kesimpulan menunjukkan bahwa persentase tingkat kognitif pada buku siswa kelas II tema Hidup Bersih dan Sehat memiliki presentase yang kurang seimbang. Terdapat kriteria yang berlebih yaitu pada kriteria mudah. Terjadi kekurangan pada kriteria lain yaitu kriteria sedang dan sulit. Saran yang diberikan bagi guru seharusnya perlu memperhatikan kategori ranah kognitif pertanyaan bacaan tingkat tinggi pada buku siswa. Selanjutnya bagi penyusun buku siswa, dapat mengkaji ulang dan melakukan perbaikan pada buku siswa. Bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian lanjutan, dapat mengembangkan penelitian ini dengan objek kajian yang berbeda dan cakupan yang lebih luas. Dan bagi pemerintah dapat menggunakan sebagai referensi untuk menentukan buku yang dijadikan buku ajar dalam setiap kegiatan belajar mengajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6902

Actions (login required)

View Item View Item