Penerapan pendekatan saintifik pada buku siswa kelas V tema Organ Gerak Hewan dan Manusia revisi 2017 / Tri Agung Yulianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan saintifik pada buku siswa kelas V tema Organ Gerak Hewan dan Manusia revisi 2017 / Tri Agung Yulianto

Yulianto, Tri Agung (2018) Penerapan pendekatan saintifik pada buku siswa kelas V tema Organ Gerak Hewan dan Manusia revisi 2017 / Tri Agung Yulianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Yulianto Tri Agung. 2018. Penerapan Pendekatan Saintifik pada Buku Siswa Kelas V Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Revisi 2017. Skripsi Program Studi Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Alif Mudiono M.Pd (2) Dra. Sutansi M.Pd. Kata Kunci pendekatan saintifik tahap siswa Kurikulum yang digunakan pada pelaksanaan pendidikan di Indonesia saat ini adalah kurikulum 2013. Kurikulum 2013 yang sedang di kembangkan di Indonesia menekankan pada terlaksananya pendekatan saintifik. Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik adalah sumber belajar yang digunakan. Sumber belajar yang digunakan dapat berasal dari lingkungan sekitar maupun dari bahan ajar cetak atau buku siswa. Buku siswa merupakan komponen yang berperan penting dalam proses pembelajaran karena sebagian besar kegiatan pembelajaran yang dilakukan didasarkan pada buku siswa. Berdasarkan pemaparan tentang pentingnya buku siswa dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik yang diterapkan kurikulum 2013 maka perlu dilakukan analisis penerapan pendekatan saintifik dalam buku siswa kelas V tema organ gerak hewan dan manusia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan pendekatan saintifik pada buku siswa tema organ gerak hewan dan manusia. Langkah awal dalam penelitian ini adalah melakukan pengumpulan data dari sumber data atau objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu tahap pra-lapangan tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada buku siswa kelas V tema organ gerak hewan dan manusia menerapkan pendekatan saintifik yang didasarkan pada Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 yang meliputi kegiatan mengamati menanya mencoba/mengumpulkan informasi menalar/mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Tahap mengamati muncul sebanyak 56 kali. Tahap ini mengarahkan siswa untuk mengamati 2 objek yaitu objek asli dan objek tidak asli. Tahap menanya muncul sebanyak 13 kali. Tahap ini mengarahkan siswa untuk mebuat pertanyaan menggunakan berbagai kata tanya untuk memperoleh informasi atau melakukan klarifikasi. Tahap mencoba/ mengumpulkan informasi muncul sebanyak 23 kali. Tahap ini mengarahkan siswa untuk meniru bentuk objek dan berdiskusi. Tahap menalar atau mengasosiasi muncul sebanyak 66 kali. Tahap ini mengarahkan siswa untuk mengolah informasi mengelompokkan dan membuat kesimpulan. Tahap mengkomunikasikan muncul sebanayak 45 kali. Tahap ini mengarahkan siswa untuk mengungkapkan ide-ide yang dimiliki dan menyajikan laporan secara tertulis dan lisan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6901

Actions (login required)

View Item View Item