Peningkatan Belajar Siswa Mengidentifikasi Materi Gaya Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas IV SDN Kebonduren 03 Kabupaten Blitar / Agustina Retno Andriani

Andriani, Agustina Retno (2018) Peningkatan Belajar Siswa Mengidentifikasi Materi Gaya Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas IV SDN Kebonduren 03 Kabupaten Blitar / Agustina Retno Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Andriani, Agustina Retno. Peningkatan Belajar Siswa Mengidentifikasi Materi Gaya Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas IV SDN Kebonduren 03 Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Rochani, (2) Dra. Sri Murdiyah, M.Pd. Kata Kunci: peningkatan, hasil belajar, materi gaya, model problem based learning (PBL) Berdasarkan observasi pada kelas IV SDN Kebonduren 03 diperoleh data nilai KKM 70 untuk muatan IPA .(1) proses pembelajaran sering menggunakan metode ceramah, (2) kegiatan kelompok kurang maksimal, (3) guru tidak menggunakan media saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan penerapan model PBL dan peningkatan hasil belajar siswa materi mengidentifikasi macam-macam gaya di kelas IV SDN Kebonduren 03 Ponggok Blitar. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif jenis PTK. Penelitian dilaksanakan dalam II siklus terdiri dari 4 tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan. Hasil penelitian materi mengidentifikasi macam-macam gaya meningkatkan proses belajar dibuktikan dengan meningkatnya persentase aktivitas guru selama pelaksanaan dengan model PBL siklus I 80,5% kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 100% kriteria sangat baik. Selain itu, aktivitas siswa dengan melakasanakan selama I siklus 80,5% dengan criteria baik dan meningkat pada siklusII menjadi 100% dengan kriteria sangat baik. Penilaian sikap. Pada siklus I, sikap tanggung jawab memiliki kriteria perlu bimbingan, sikap percaya diri memiliki kriteria baik. Pada siklus II sikap tanggung jawab, percaya diri mengalami peningkatan dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar aspek pengetahuan pada siklus I memiliki nilai rata-rata 131,3 persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 52,75% dan termasuk kriteria kurang. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 82,1 persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 83,1% dan termasuk kriteria sangat baik. Hasil belajar aspek keterampilan melakukan percobaan dan kominikasi pada siklus I memiliki kriteria sangat baikdiperoleh 4 siswa dan pada siklus II meningkat menjadi sangat baik yang diperoleh 9 siswa. Maka dapat disimpulakan penerapan model PBL yang dilaksanakan oleh guru dan siswa sangat baik pada materi gaya dapat meningkatkan aspek pengetahuan, aspek keterampilan dan aspek sikap siswakelas IV SDN Kebonduren 03 Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6898

Actions (login required)

View Item View Item