Peningkatan Hasil Belajar Materi Keragaman Suku Bangsa Sosial dan Budaya di Indonesia Melalui Model Team Assisted Individualization (TAI) Siswa Kelas IV SDN Kebonduren 03 Kabupaten Blitar / Luvita Desi Setyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan Hasil Belajar Materi Keragaman Suku Bangsa Sosial dan Budaya di Indonesia Melalui Model Team Assisted Individualization (TAI) Siswa Kelas IV SDN Kebonduren 03 Kabupaten Blitar / Luvita Desi Setyaningrum

Setyaningrum, Luvita Desi (2018) Peningkatan Hasil Belajar Materi Keragaman Suku Bangsa Sosial dan Budaya di Indonesia Melalui Model Team Assisted Individualization (TAI) Siswa Kelas IV SDN Kebonduren 03 Kabupaten Blitar / Luvita Desi Setyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Setyaningrum Luvita Desi. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Materi Keragaman Suku Bangsa Sosial dan Budaya di Indonesia Melalui Model Team Assisted Individualization (TAI) Siswa Kelas IV SDN Kebonduren 03 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Tri Murti S.Pd. M.Pd. (2) Suminah S.Pd. M.Pd. Kata Kunci hasil belajar materi keragaman suku bangsa sosial dan budaya di Indonesia model TAI Hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Kebonduren 03 Kabupaten Blitar adalah (1) siswa kurang berkonsentrasi saat proses pembelajaran (2) siswa kurang bersemangat dan pasif dalam proses pembelajaran (3) guru menggunakan metode ceramah pemberian tugas dan media berupa gambar dan (4) hasil belajar dari 18 siswa yang di atas KKM terdapat 6 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan penerapan pembelajaran model Team Assisted Individualization (TAI) dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa materi Keragaman Suku Bangsa Sosial dan Budaya di Indonesia. Pendekatan kualitatif berjenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dua siklus dengan 4 tahap setiap siklusnya yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 18 siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data meliputi reduksi data penyajian data dan kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 85% kriteria baik dan siklus II sebesar 100% kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 84% kriteria baik dan siklus II sebesar 93% kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa aspek sikap yang sering muncul pada siklus I yaitu sikap menerima keputusan sikap yang sering muncul pada siklus II yaitu sikap kerjasama tanggung jawab dan menerima keputusan dengan perolehan 3 aspek sikap yang sudah melebihi 15 siswa. Hasil belajar aspek keterampilan juga mengalami peningkatan pada siklus I terdapat 14 siswa yang tuntas dan meningkat menjadi 18 siswa pada siklus II. Pada aspek pengetahuan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 55 6% dan pada siklus II sebesar 88 9%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Diharapkan guru dapat menerapkan model Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran sebagai salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6897

Actions (login required)

View Item View Item