Pengembangan booklet tentang perubahan wujud benda pada kelas V di SDN Sananwetan 1 Kota Blitar / Dwi Sudaryanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan booklet tentang perubahan wujud benda pada kelas V di SDN Sananwetan 1 Kota Blitar / Dwi Sudaryanti

Sudaryanti, Dwi (2018) Pengembangan booklet tentang perubahan wujud benda pada kelas V di SDN Sananwetan 1 Kota Blitar / Dwi Sudaryanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sudaryanti Dwi. 2018. Pengembangan Booklet tentang Perubahan Wujud Benda pada Kelas V di SDN Sananwetan 1 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Lilik Bintartik M.Pd (2) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd Kata Kunci booklet perubahan wujud benda kelas v Pendidikan dirancang sedemikian rupa untuk mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas yang dapat memecahkan permasalah dalam kehidupan. Dalam mewujudkan hal itu diperlukan proses belajar aktif dan mandiri dalam membangun pengetahuan. Hal tersebut tidak terlepas dari peran guru sebagai fasilitator belajar siswa. Pengembangan materi pembelajaran kurikulum 2013 ini sangat diperlukan agar siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Mengingat sedikitnya waktu guru kelas untuk mengembangkan bahan ajar maka diperlukan suatu pengembangan produk berupa booklet tentang perubahan wujud benda pada kelas V SD untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan booklet tentang perubahan wujud benda pada kelas V SD yang valid menurut ahli materi ahli media dan pengguna (guru dan siswa). Prosedur penelitian ini menggunakan pengembangan Borg and Gall. Tetapi penelitian ini hanya sampai langkah ke-5 dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Pada tahap awal dilakukan pengumpulan data dengan tujuan untuk menganalisis kurikulum dan menetapkan kompetensi dasar yang dikembangkan. Selanjutnya dilakukan perencanaan pengembangan pengembangan produk awal validasi produk dan revisi serta dilakukan uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut ahli materi persentase kelayakan booklet mencapai 89 58% dengan kriteria sangat valid. Menurut ahli media persentase kelayakan booklet mencapai 90% dengan kriteria sangat valid. Menurut guru dan siswa sebagai pengguna persentase kelayakan booklet mencapai 92 85% dengan kriteria sangat valid. Kriteria sangat valid tersebut dapat dimaknai bahwa produk yang telah dikembangkan dapat digunakan tanpa revisi. Namun demikian saran dan masukan dari ahli dan pengguna yang bersifat teknis tetap djadikan pedoman untuk menghasilkan produk agar tampilan lebih bagus dan dapat dipertanggungjawabkan. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba tersebut secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa produk booklet memiliki kriteria sangat valid sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar penunjang pembelajaran pada kelas V SD. Adapun saran terkait produk yang dikembangkan yaitu sebaiknya produk dapat dikembangkan pada kompetensi dasar yang lain dan guru dapat memanfaatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6896

Actions (login required)

View Item View Item