Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan saintifik siswa kelas V pada tema 7 subtema 3 di SDN Bareng 3 Malang / Rezky Amiriel - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan saintifik siswa kelas V pada tema 7 subtema 3 di SDN Bareng 3 Malang / Rezky Amiriel

Amiriel, Rezky (2018) Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan saintifik siswa kelas V pada tema 7 subtema 3 di SDN Bareng 3 Malang / Rezky Amiriel. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Amiriel Rezky. 2018. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Saintifik Siswa Kelas V pada Tema 7 Subtema 3 di SDN Bareng 3 Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd. (II) Drs. M. Imron Rosyadi SY. S.Pd. M.Pd Kata Kunci Peningkatan Model Inkuiri Terbimbing Keterampilan Saintifik. Keterampilan saintifik merupakan keterampilan dasar yang penting bagi siswa dalam menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Hal ini dikarenakan keterampilan saintifik siswa menentukan ketercapaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil pengamatan pada siswa kelas VB SDN Bareng 3 keterampilan saintifik siswa ketika pembelajaran tematik dengan muatan IPA masih pada kategori yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model inkuiri terbimbing dan peningkatan keterampilan saintifik siswa kelas V pada tema 7 subtema 3 di SDN Bareng 3. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu kualitatif jenis deskriptif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK pada penelitian ini merupakan adaptasi dari model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VB SDN Bareng 3 dengan jumlah 22 siswa. Data pada penelitian ini diperoleh dari teknik observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) terjadi peningkatan aktivitas guru dalam pelaksanaan model inkuiri terbimbing pada siklus 1 dan 2 telah mencapai keterlaksanaan pelaksanaan model inkuiri dengan kategori tinggi dan pada siklus 3 dan 4 telah mencapai keterlaksanaan dengan kategori sangat tinggi (2) keterampilan saintifik siswa juga menunjukkan peningkatan pada siklus 1 diperoleh persentase sebesar 61 3% pada siklus 2 meningkat menjadi 67 3% siklus 3 meningkat lagi menjadi 70 6% dan hingga pada siklus 4 meningkat menjadi sebesar 77 4%. Kesimpulan dari penelitian ini ialah pelaksanaan model inkuiri terbimbing telah mencapai keterlaksanaan dengan kategori sangat tinggi dan penerapan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan saintifik siswa kelas V SDN Bareng 3. Sebaiknya guru tidak mendominasi pada setiap kegiatan pembelajaran berlangsung dan guru sebaiknya lebih menjadi fasilitator daripada inisiator dalam pembelajaran dan guru dapat menggunakan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan saintifik siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6893

Actions (login required)

View Item View Item