Peningkatan keterampilan menemukan gagasan utama dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas V SDN Bareng III Kecamatan Klojen Kota Malang / Oppy Iqbal Wiratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menemukan gagasan utama dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas V SDN Bareng III Kecamatan Klojen Kota Malang / Oppy Iqbal Wiratama

Wiratama, Oppy Iqbal (2018) Peningkatan keterampilan menemukan gagasan utama dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas V SDN Bareng III Kecamatan Klojen Kota Malang / Oppy Iqbal Wiratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Wiratama Oppy Iqbal. 2018. Peningkatan Keterampilan Menemukan Gagasan Utama Dengan Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di Kelas IV SDN Bareng 3 Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Ratna Trieka Agustina S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Dimyati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Gagasan Utama Model CIRC Keterampilan Siswa Hasil Belajar Pendidikan menjadi suatu cara bagi masyarakat untuk meraih kehidupan yang layak karena pendidikan dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan kemampuan sehingga dapat mengarahkan manusia untuk semakin berkembang Model pembelajaran CIRC diharapkan berdampak positif pada hasil belajar siswa dikarenakan dalam model ini keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah dapat meningkat. Sehingga penerapan model pembelajaran CIRC diharapkan mampu mengatasi kesulitan dalam memahami bacaan sehingga prestasi siswa dapat meningkat. Membaca di kelas IV adalah membaca pemahaman dalam hal itu adalah menemukan gagasan utama. Berdasarkan dengan hal tersebut di atas peneliti menemukan kendala yang dihadapi siswa dalam menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung pada teks bacaan. Hal ini terbukti dari seluruh siswa kelas IVA sebanyak 30 siswa terdapat 20 siswa mendapat nilai di bawah KKM.. Oleh karena itu peneliti ingin meningkatkan keterampilan siswa dalam menemukan gagasan utama dengan menggunakan model CIRC. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dokumentasi dan tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru lembar pengamatan aktivitas siswa dokumentasi tes/evaluasi dan lembar penilaian hasil menemukan gagasan utama siswa. Analisis data penelitian ini dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan temuan penelitian nilai rata-rata keterampilan siswa dalam menemukan gagasan utama dari tahap pratindakan sampai siklus IV mengalami peningkatan secara bertahap yaitu mulai dari 49 57 6 59.2 63.6 81.3. sedangkan ketuntasan klasikal siswa juga mengalami peningkatan secara keseluruhan yaitu mulai dari siklus I 17% siklus II 40% siklus III 40% dan siklus IV 77%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model CIRC di SDN Bareng 3 Kota Malang terbukti dapat meningkatkan kemapuan siswa dalam menemukan gagasan utama. Peneliti menyarankan terhadap guru untuk dapat melanjutkan pembelajaran menggunakan model CIRC untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6892

Actions (login required)

View Item View Item