Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Media Pop-up Book di Kelas V SDN Cemorokandang 4 Malang / Vitri Nur Rohmatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Media Pop-up Book di Kelas V SDN Cemorokandang 4 Malang / Vitri Nur Rohmatin

Rohmatin, Vitri Nur (2018) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Media Pop-up Book di Kelas V SDN Cemorokandang 4 Malang / Vitri Nur Rohmatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmatin Vitri Nur. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Media Pop-up Book di Kelas V SDN Cemorokandang 4 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M. Pd (II) Ni Luh Sakinah Nuraini S.Pd. M. Pd. Kata Kunci menulis deskripsi media pop-up book Penelitian ini berlatar belakang dari kurangnya keterampilan siswa dalam menulis khususnya menulis deskripsi. Hal ini disebabkan karena guru belum menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan media pop-up book dalam pembelajaran keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SDN Cemorokandang 4 Malang. (2) mengetahui aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis deskripsi melalui media pop-up book pada siswa kelas V SDN Cemorokandang 4 Malang. (3) mengetahui keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas V SDN Cemorokandang 4 Malang. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi perencanaan pelaksanaan observasi refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Cemorokandang 4 Malang yang berjumlah 22 siswa. Instrumen penelitian ini meliputi lembar observasi dan dokumentasi teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pop-up book dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis deskripsi siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa pada setiap tahapnya. Pada pembelajaran pra tindakan nilai rata-rata siswa sebesar 64 siklus I sebesar 72 dan siklus II sebesar 80. Presentase ketuntasan belajar siswa pada pra tindakan sebesar 39% siklus I sebesar 55% dan siklus II sebesar 91% Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan media pop-up book dalam pembelajaran menulis deskripsi terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas V dalam menulis deskripsi. Selain itu dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis deskripsi. Disarankan bagi guru agar dapat menjadikan media pop-up book sebagai referensi media pembelajaran dalam menulis deskripsi. Disarankan bagi sekolah agar menjadikan penelitian ini sebagai masukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SDN Cemorokandang 4 Malang khususnya dalam pembelajaran menulis deskripsi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6889

Actions (login required)

View Item View Item