Analisis muatan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam cerita anak berjenis fabel pada buku siswa kelas II SD tema 7 Kebersamaan edisi revisi 2017 / Ninda Fitri Rizqi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis muatan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam cerita anak berjenis fabel pada buku siswa kelas II SD tema 7 Kebersamaan edisi revisi 2017 / Ninda Fitri Rizqi

Rizqi, Ninda Fitri (2018) Analisis muatan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam cerita anak berjenis fabel pada buku siswa kelas II SD tema 7 Kebersamaan edisi revisi 2017 / Ninda Fitri Rizqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ninda Fitri Rizqi. 2018. Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter yang Terkandung dalam Cerita Anak Berjenis Fabel pada Buku Siswa Kelas II SD Tema 7 Kebersamaan Edisi Revisi 2017. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. A. Badawi S.Pd M.Pd (II) Drs. Heru Agus Triwidjaja M.Pd Kata Kunci Nilai Karakter Fabel SD Bahasa dan sastra dirasa dapat menjadi suatu wahana yang tepat untuk membentuk karakter anak. Salah satu genre yang dirasa sangat tepat untuk menginternalisasikan pembangunan karakter pada anak yaitu Fabel. Fabel merupakan salah satu jenis karya sastra lama yang penokohannya berupa binatang yang berperan layaknya manusia atau personifikasi. Sebuah fabel terdapat suatu unsur-unsur intrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang menyusun sebuah karya sastra antara lain tema penokohan latar/setting alur dan pesan moral dimana didalam unsur intrinsik tersebut nilai-nilai karakter dimunculkan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apa saja nilai-nilai karakter yang termuat dalam fabel pada setiap unsur intrinsik 2) Untuk mengetahui ada berapa banyak jumlah kemunculan muatan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam setiap unsur intrinsik fabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian deskriptif karena datanya berupa kata-kata gambar dan bukan angka-angka. Instrumen yang digunakan diolah oleh peneliti sendiri. Data Penelitian ini dikumpulkan dengan teknik identifikasi kajian isi fabel. Setelah melalui proses analisis nilai karakter pada 3 fabel nilai-nilai karakter yang ditemukan banyak dan beragam diantaranya nilai karakter toleransi disiplin kerja keras kreatif mandiri demokratis rasa ingin tau cinta tanah air komunikatif/bersahabat cinta damai dan tanggung jawab. Sedangkan nilai karakter religius jujur semangat kebangsaan menghargai prestasi gemar membaca peduli lingkungan dan peduli sosial tidak ditemukan oleh peneliti dalam 3 fabel yang telah dianalisis. Peneliti menemukan 36 kali jumlah kemunculan nilai karakter. Dari kemunculan 36 kali nilai karakter tersebut terbagi menjadi 10 kali kemunculan pada unsur instrinsik tokoh 6 kali kemunculan pada unsur intrinsik alur 9 kali kemunculan pada unsur intrinsik latar dan 11 kali kemunculan pada unsur intrinsik amanat. Berdasarkan hasil penelitian disarankan Bagi pemerintah yang menaungi lembaga pendidikan supaya mengambil kebijakan untuk lebih mengembangkan kompetensi kesastraan dalam pendidikan karakter anak bagi pencipta karya sastra anak pada buku siswa sekolah dasar supaya dijadikan pertimbangan untuk memperbaiki karya sastra anak dengan memuat seluruh nilai-nilai karakter di dalam unsur intrinsik fabel bagi guru supaya dimanfaatkan untuk suatu referensi bahan pembelajaran dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran tentang pembentukan karakter pada anak dan bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian sejenis atau lanjutan supaya dapat melakukan penelitian dengan objek penelitian yang lebih mendalam dan meluas lagi atau dengan genre yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6888

Actions (login required)

View Item View Item