Analisis kesesuaian buku siswa kelas I sekolah dasar tema 2 Kegemaranku dengan karakteristik pembelajaran terpadu dan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 / Arum Sekar Banowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesesuaian buku siswa kelas I sekolah dasar tema 2 Kegemaranku dengan karakteristik pembelajaran terpadu dan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 / Arum Sekar Banowati

Banowati, Arum Sekar (2018) Analisis kesesuaian buku siswa kelas I sekolah dasar tema 2 Kegemaranku dengan karakteristik pembelajaran terpadu dan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 / Arum Sekar Banowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Banowati Arum Sekar. 2018. Analisis Kesesuaian Buku Siswa Kelas I Sekolah Dasar Tema 2 Kegemaranku dengan Karakteristik Pembelajaran Terpadu dan Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sjafruddin A.R S.Pd. M.Pd (II) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. Kata Kunci buku siswa pembelajaran terpadu pendekatan saintifik Buku siswa merupakan buku ajar yang berisi serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh siswa selama pembelajaran. Buku siswa digunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk membantu siswa dalam menguasai kompetensi. Selain itu buku siswa juga mengarahkan siswa agar lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati menanya mencoba menalar dan berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian buku siswa kelas I sekolah dasar kurikulum 2013 tema 2 kegemaranku dengan karakteristik pembelajaran terpadu dan langkah-langkah pendekatan saintifik. Karakteristik pembelajaran yang dimaksud yaitu holistik otentik aktif dan bermakna. Langkah-langkah pendekatan saintifik yang dimaksud yaitu mengamati menanya menalar mencoba dan mengomunikasikan. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian analisis isi atau dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumenter (documentary study). Dokumen yang telah didapatkan isinya dianalisis dibandingkan dan dipadukan untuk membentuk satu hasil kesimpulan yang sistematis. Studi dokumenter tidak hanya mengumpulkan data dan menuliskan dalam bentuk kutipan dari sejumlah dokumen. Namun yang dilaporkan adalah hasil analisis terhadap dokumen-dokumen tersebut bukan dokumen-dokumen tanpa analisis. Hasil analisis kesesuaian buku siswa menunjukkan masih adanya ketidaksesuaian buku siswa dengan karakteristik pembelajaran terpadu yaitu karakter pembelajaran yang bermakna dan otentik masih ditemukan beberapa ketidaksesuaian dan kelengkapan materi masih kurang. Hasil analisis pada setiap subtema juga masih menunjukkan adanya ketidaksesuaian pembelajaran dengan langkah saintifik terutama pada langkah menanya menalar dan mencoba. Berdasarkan hasil penelitian masih ditemukan ketidaksesuaian antara buku siswa dengan pembelajaran terpadu dan pendekatan saintifik. Disarankan kepada guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran. Misalnya dengan memanfaatkan benda-benda atau peristiwa yang dekat dengan lingkungan belajar siswa sebagai media dan sumber pembelajaran. Bagi penulis disarankan untuk merevisi buku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6886

Actions (login required)

View Item View Item