Rohmah, Binti Nur (2018) Analisis buku siswa tema Indahnya Kebersamaan berbasis pendekatan saintifik di kelas IV sekolah dasar / Binti Nur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vii RANGKUMAN Rohmah Binti Nur. 2018. Analisis Buku Siswa Tema Indahnya Kebersamaan Berbasis Pendekatan Saintifik di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Suhel Madyono S.Pd M.Pd (2) Prof. Dr. H. M Zainuddin M.Pd. Kata Kunci analisis buku siswa pendekatan saintifik Hampir semua institusi pendidikan menggunakan buku ajar sebagai salah satu sumber belajarnya. Isi dari buku ajar disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Buku ajar yang digunakan di Sekolah Dasar yang menerapkan Kurikulum 2013 adalah buku siswa yang dikeluarkan pemerintah. Buku Siswa disajikan dalam bentuk tematik dan terbagi dalam beberapa subtema dan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang dianjurkan dalam Kurikulum 2013 adalah Pendekatan Saintifik. Pendekatan Saintifik meliputi lima pengalaman belajar yaitu mengamati menanya mengumpulkan informasi /mencoba menalar/mengasosiasi dan mengkomunikasikan (5M). Pembelajaran pada pendekatan ini bersifat induktif dimana siswa diajak untuk mengamati suatu fenomena menalar dan menarik kesimpulan dari hal tersebut. Kompetensi Dasar yang dikembangkan di dalam buku siswa Tema Indahnya Kebersamaan telah sesuai dengan kurikulum silabus dan Buku Guru. Dalam muatan IPA KD 3.6 dan KD 4.6 untuk langkah mengamati dan menanya tidak terdapat pada kegiatan pembelajaran didalam silabus. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya analisis lebih lanjut terhadap isi Buku Siswa kelas IV tema 1 Indahnya Kebersamaan berdasarkan kesesuaian dengan Pendekatan Saintifik. Penelitian ini untuk menganalisis kemunculan dan urutan kegiatan pembelajaran berdasarkan Pendekatan Saintifik pada Buku Siswa Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dan jenis penelitian analisis isi pada penelitian deskriptif. Proses analisis data yang meliputi reduksi data penyajian data dan kesimpulan /verifikasi. Hasil analisis kemunculan langkah mengamati 100% dengan kriteria sangat sesuai langkah menanya 100% dengan kriteria sangat sesuai langkah mencoba 100% dengan kriteria sangat sesuai langkah menalar 100% dengan kriteria sangat sesuai dan langkah mengkomunikasikan 66 67% dengan kriteria sesuai. Hasil analisis urutan kegiatan pembelajaran jumlah skor 111 atau 51 36% dengan kriteria cukup sesuai. Dari kegiatan analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa buku siswa hasil revisi tahun 2017 telah layak digunakan sebagai pegangan pembelajaran namun disarankan kepada guru yang menggunakan buku tersebut untuk lebih mengembangkan aktivitas langkah kegiatan mengkomunikasikan dalam pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6881 |
Actions (login required)
View Item |