Sulistyaningrum, Ratna (2018) Analisis kesalahan ejaan dalam karangan deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 01 Sawahan Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Ratna Sulistyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Sulistyaningrum Ratna. 2018. Analisis Kesalahan Ejaan dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Sawahan Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Taufiq M.Pd. (II) Dra. Nihayati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Kesalahan penulisan Tanda Baca Huruf Kapital Karangan Deskripsi Bahasa merupakan alat komunikasi yang berfungsi sebagai alat pemersatu berbagai suku bangsa yang berbeda-beda latar belakang sosial budaya dan bahasanya. Keterampilan berbahasa mencakup 4 aspek keterampilan aspek tersebut meliputi aspek menyimak berbicara membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan ejaan. Penelitian dikhususkan pada kesalahan penulisan tanda baca dan huruf kapital pada karangan deskripsi siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diambil dalam penelitian ini yaitu karangan deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 01 Sawahan Turen. Pendekatan dan jenis penelitian digunakan untuk mengetahui gambaran situasi yang sebenarnya tentang kesalahan ejaan pada tanda baca dan huruf kapital karangan siswa kelas IV SD Negeri 01 Sawahan Turen. Teknik yang digunakan yaitu teknik observasi tes pengetahuan dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat kesalahan pada penulisan huruf kapital pada karangan siswa sebanyak 287 kesalahan dari 502 jumlah penulisan huruf kapital dengan presentase 57% yang termasuk dalam kategori sedang. Juga terdapat kesalahan penulisan tanda titik sebanyak 70 kesalahan dari 257 jumlah penulisan tanda titik dengan presentase 27% yang masih termasuk kategori sedikit. Selain itu juga terdapat kesalahan tanda koma sebanyak 119 kesalahan dari 213 jumlah penulisan tanda koma dengan presentase 56% yang termasuk dalam kategori sedang. Sereta ditemukan kesalahan penggunaan tanda hubung sebanyak 16 kesalahan dari 43 jumlah tanda hubung dengan presentase 37% yang juga masih termasuk dalam kategori sedikit. Berdasarkan dari data hasil analisis siswa kelas IV masih terdapat kesalahan penggunaan ejaan pada karangan deskripsi. kesalahan yang ditemukan yaitu kesalahan yang terdapat pada huruf kapital dan tanda baca yang meliputi tanda titik tanda koma dan tanda hubung. Berdasarkan hasil temuan tersebut peneliti menyarankan agar siswa lebih cermat teliti dan memahami enggunaan ejaan yang sesuai dengan kaidah EYD yang baik dan benar. Diharapkan bagi guru agar lebih memotivasi siswa dan memberikan pembelajaran yang lebih berinovasi agar siswa tertarik pada pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan aspek yang diteliti agar dapat mengetahui kesalahan siswa dalam berbahasa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6880 |
Actions (login required)
View Item |