Peningkatan hasil belajar matematika materi keliling dan luas bangun datar melalui model Group Investigation (GI) pada siswa kelas IV SDN 01 Pakel Kabupaten Tulungagung / Dimas Candra Dwijayanto

Dwijayanto, Dimas Candra (2018) Peningkatan hasil belajar matematika materi keliling dan luas bangun datar melalui model Group Investigation (GI) pada siswa kelas IV SDN 01 Pakel Kabupaten Tulungagung / Dimas Candra Dwijayanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dwijayanto, Dimas Candra. 2018. PeningkatanPembelajaranMatematikaMateriKelilingdanLuasBangunDatarMelalui Model Group Investigation di Kelas IV SDN 01 Pakel KabupatenTulungagung. Skripsi, Program SarjanaPendidikanGuru Sekolah DasardanPraSekolah, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. AlifMudiono, M.Pd., (II) Dra. Hj. Sri Murdiyah, M.Pd. Kata Kunci: peningkatanhasilbelajar, kelilingdanluas bangundatar, group investigation Hasilobservasidanwawancarapada proses pembelajaranpadasiswakelas IV SDN 01 PakelKabupatenTulungagung, materi di sekitardanluasbangunandatar, adamasalah (1) guru menggunakan model tradisional (2) guru tidakmenggunakan media pembelajaran, (3) siswamasihpasifdalampembelajaran (4) guru tidakmembentukkelompokbelajar (5) hasilbelajarsiswamenemukanbahwadari 12 siswaada 9 siswa yang mendapatnilai65. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapan model Group Investigation danpeningkatanhasilbelajarsiswakelas IV SDN 01 PakelTulungagungmelalui model Group Investigation. Pendekatan yang digunakanadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas. Data yang digunakanadalah data pelaksanaanpembelajarandanhasilbelajarsiswa yang dilakukanselama 2 siklus. Penelitiandilakukandalam 4 tahap, yaituperencanaan, pelaksanaan, observasidanrefleksi. Pengumpulan data menggunakanteknikobservasi, wawancara, tes, dokumentasidancatatanlapangan. Hasilnyamenunjukkanpeningkatanaktivitas guru, aktivitassiswa, danhasilbelajar. Padasikluspertamaaktivitas guru mendapat 80,95% dansiklus II menghasilkan 97,61%. Sedangkanaktivitassiswapadasiklus I mendapatkan 80,55% dansiklus II mendapatkan 97,22%. Rata-rata skorpra-tindakansiswahanya 43,75meningkatmenjadi 66,14 dalamsiklus I, kemudianmeningkatlagimenjadi 94,8 padasiklus II. Sementaraitu, penguasaanbelajarsiswapadasiklus I menghasilkan 70,85% dansiklus II menghasilkan 100%. Hasilpenelitian, dapatdisimpulkanbahwapenerapan model Group Investigation dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranmatematikamaterikelilingdanluasbangundatar. Olehkarenaitu, disarankanbagi guru untukmenggunakan model Group Investigation dalampembelajaranmatematikauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa di SDN 01 PakelTulungagung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6879

Actions (login required)

View Item View Item