Peningkatan hasil belajar matematika materi keliling dan luas bangun datar melalui model Group Investigation (GI) pada siswa kelas IV SDN 01 Pakel Kabupaten Tulungagung / Dimas Candra Dwijayanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika materi keliling dan luas bangun datar melalui model Group Investigation (GI) pada siswa kelas IV SDN 01 Pakel Kabupaten Tulungagung / Dimas Candra Dwijayanto

Dwijayanto, Dimas Candra (2018) Peningkatan hasil belajar matematika materi keliling dan luas bangun datar melalui model Group Investigation (GI) pada siswa kelas IV SDN 01 Pakel Kabupaten Tulungagung / Dimas Candra Dwijayanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dwijayanto Dimas Candra. 2018. PeningkatanPembelajaranMatematikaMateriKelilingdanLuasBangunDatarMelalui Model Group Investigation di Kelas IV SDN 01 Pakel KabupatenTulungagung. Skripsi Program SarjanaPendidikanGuru Sekolah DasardanPraSekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. AlifMudiono M.Pd. (II) Dra. Hj. Sri Murdiyah M.Pd. Kata Kunci peningkatanhasilbelajar kelilingdanluas bangundatar group investigation Hasilobservasidanwawancarapada proses pembelajaranpadasiswakelas IV SDN 01 PakelKabupatenTulungagung materi di sekitardanluasbangunandatar adamasalah (1) guru menggunakan model tradisional (2) guru tidakmenggunakan media pembelajaran (3) siswamasihpasifdalampembelajaran (4) guru tidakmembentukkelompokbelajar (5) hasilbelajarsiswamenemukanbahwadari 12 siswaada 9 siswa yang mendapatnilai65. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapan model Group Investigation danpeningkatanhasilbelajarsiswakelas IV SDN 01 PakelTulungagungmelalui model Group Investigation. Pendekatan yang digunakanadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas. Data yang digunakanadalah data pelaksanaanpembelajarandanhasilbelajarsiswa yang dilakukanselama 2 siklus. Penelitiandilakukandalam 4 tahap yaituperencanaan pelaksanaan observasidanrefleksi. Pengumpulan data menggunakanteknikobservasi wawancara tes dokumentasidancatatanlapangan. Hasilnyamenunjukkanpeningkatanaktivitas guru aktivitassiswa danhasilbelajar. Padasikluspertamaaktivitas guru mendapat 80 95% dansiklus II menghasilkan 97 61%. Sedangkanaktivitassiswapadasiklus I mendapatkan 80 55% dansiklus II mendapatkan 97 22%. Rata-rata skorpra-tindakansiswahanya 43 75meningkatmenjadi 66 14 dalamsiklus I kemudianmeningkatlagimenjadi 94 8 padasiklus II. Sementaraitu penguasaanbelajarsiswapadasiklus I menghasilkan 70 85% dansiklus II menghasilkan 100%. Hasilpenelitian dapatdisimpulkanbahwapenerapan model Group Investigation dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranmatematikamaterikelilingdanluasbangundatar. Olehkarenaitu disarankanbagi guru untukmenggunakan model Group Investigation dalampembelajaranmatematikauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa di SDN 01 PakelTulungagung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6879

Actions (login required)

View Item View Item