Implementasi pendidikan karakter melalui program menghafal Al-QurÔÇÖan pada siswa kelas V di SD Islam Al-Umm Kota Malang / Farida Arnaz Al-Abdillah

Al-Abdillah, Farida Arnaz (2018) Implementasi pendidikan karakter melalui program menghafal Al-QurÔÇÖan pada siswa kelas V di SD Islam Al-Umm Kota Malang / Farida Arnaz Al-Abdillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Al-Abdillah, Farida Arnaz. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program Menghafal Al-QurÔÇÖan Pada Siswa Kelas V di SD Islam al-Umm Kota Malang. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sjafruddin A. Rahman, S.Pd, M.Pd., (II) Drs. Dimyati, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Menghafal Al-QurÔÇÖan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rapuhnya karakter generasi muda utamanya siswa Sekolah Dasar. Hal itu disebabkan lembaga pendidikan yang kurang memperhatikan faktor nilai dan agama dalam melaksanakan proses pendidikan. Namun demikian, hal yang terpenting lagi ialah bagaimana nilai-nilai Al-QurÔÇÖan ditransformasikan sehinga menjadikan tumbuhnya karakter baik dalam diri siswa dan salah satu langkah ialah dengan mengadakan program menghafal Al-QurÔÇÖan. Dari latar belakang inilah, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di SD yang terdapat program menghafal Al-QurÔÇÖan sebagai upaya dari implementasi pendidikan karakter. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memaparkan bagaimana proses perencanaan, proses pelaksanaan, serta hasil capaian yang didapat oleh siswa melalui program menghafal Al-QurÔÇÖan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dengan sumber data Kepala Sekolah SD Islam al-Umm, tim tahfidz Al-QurÔÇÖan, wali kelas V khodijah, dan siswa di kelas V khodijah.pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, serta wawancara secara mendalam. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Perencanaan program menghafal di SD Islam al-Umm mecakup perencanaan tujuan, penyusunan tim tahfidz Al-QurÔÇÖan, alokasi waktu, penentuan materi, perencanaan buku presatsi tahfidz, serta karakter yang diharapkan tumbuh, 2) Pelaksanaan program menghafal Al-QurÔÇÖan di SD Islam al-Umm sesuai dengan perencanaan yang telah dirangkai, 3) Hasil capaian program menghafal Al-QurÔÇÖan, menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas V khodijah sudah memiliki hampir 3 juz hafalan diantaranya juz 30, juz 29, dan juz 28, serta dengan adanya program menghafal Al-QurÔÇÖan menunjukkan adanya hasil karakter yang berbanding lurus dengan yang diharapkan. Karakter religius yang menjadi karakter utama nampak dalam diri kelas V khodijah SD Islam al-Umm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6878

Actions (login required)

View Item View Item