Pengelolaan perpustakaan di SDN Dinoyo 1 Malang / Dwi Lailatul Hikma Febriani

Febriani, Dwi Lailatul Hikma (2018) Pengelolaan perpustakaan di SDN Dinoyo 1 Malang / Dwi Lailatul Hikma Febriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Febriani Dwi Lailatul Hikma. 2018. Pengelolaan Perpustakaan di SDN Dinoyo 1 Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sri Estu Winahyu M.Pd. (II) Dra. Siti Umayaroh S.Pd. M.Pd Kata Kunci Pengelolaan Perpustakaan. Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sarana penting yang sangat berpengaruh terhadap hasil pendidikan. Keberadaan perpustakaan di sekolah dasar sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran. Perpustakaan dapat memberikan kesempatan bagi siswa dan guru untuk memperdalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Berdasarkan data awal diperoleh sedikitnya siswa berkunjung ke perpustakaan yang berjumlah 5 siswa dari 238 siswa SDN Dinoyo 1 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan perpustakaan di SDN Dinoyo 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari petugas perpustakaan kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengelolaan perpustakaan belum berjalan secara optimal. Aspek pengelolaan perpustakaan masih memiliki banyak kekurangan. Kekurangan dalam pengelolaan perpustakaan meliputi ukuran fasilitas gedung tidak memenuhi syarat peralatan dan perlengkapan belum lengkap belum terlaksananya layanan peminjaman buku dan belum tersedia tata tertib perpustakaan yang tertulis di perpustakaan. (2) Hambatan dalam pengelolaan perpustakaan meliputi tidak adanya layanan peminjaman di perpustakaan peralatan dan perlengkapan yang belum lengkap anggaran dana hanya terbatas berasal dari BOS dengan jumlah yang belum sesuai dengan kebutuhan lokasi perpustakaan kurang strategis dan pelayanan serta pemeliharaan tidak bisa dilakukan secara optimal diakibatkan petugas perpustakaan yang memiliki tugas rangkap. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan perpustakaan belum berjalan optimal dikarenakan adanya hambatan utamanya dalam hal pemenuhan sarana dan prasarana. Untuk itu disarankan bagi kepala sekolah dan pihak terkait untuk melengkapi sarana dan prasarana perpustakaan agar pengelolaan perpustakaan dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6876

Actions (login required)

View Item View Item