Pengembangan media Berapa (Banner Karakter Pancasila) dalam pembelajaran nilai-nilai karakter pada siswa kelas III SDN Polowijen 1 Malang / Tri Ratna Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media Berapa (Banner Karakter Pancasila) dalam pembelajaran nilai-nilai karakter pada siswa kelas III SDN Polowijen 1 Malang / Tri Ratna Wulandari

Wulandari, Tri Ratna (2018) Pengembangan media Berapa (Banner Karakter Pancasila) dalam pembelajaran nilai-nilai karakter pada siswa kelas III SDN Polowijen 1 Malang / Tri Ratna Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Wulandari Tri Ratna. 2018. Pengembangan Media Berapa (Banner Karakter Pancasila) dalam Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter pada Siswa Kelas III SDN Polowijen 1 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd M.Si. (II) Putri Mahanani S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Media Banner Karakter Pancasila Nilai-nilai Karakter Pancasila Salah satu kompenen sistem lingkungan pembelajaran yang memerlukan perhatian dalam hal nilai-nilai karakter yaitu proses pembelajaran yang menarik sehingga lebih bermakna bagi siswa. Tujuan penelitian untuk menjelaskan cara pembuatan media Berapa . Menjelaskan cara penggunaan media Berapa dan menjelaskan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam media Berapa . Media dapat dieksplorasi oleh siswa sehingga memiliki pengalaman yang mencakup berbagai aspek yaitu kognitif afektif dan psikomotor. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Dick Carey. Langkah yang dgunakan peneliti meliputi (1)Identifikasi Kebutuhan dan Tujuan (2)Analisis Pembelajaran (3)Analisis Pebelajar dan Konteks (4)Merumuskan Tujuan Performansi (5)Mengembangkan Instrumen Penilaian (6)Merumuskan Strategi Pembelajaran (7)Menembangkan dan Memilih Bahan Pembelajaran (8)Merancang dan Melaksanakan Evaluasi Formatif (10)Revisi peneliti belum sampai pada langkah evaluasi sumatif dikarenakan keterbatasan waktu dan kondisi lapangan. Hasil dari penelitian ini berupa produk yaitu media pembelajaran. Media tersebut di validasi oleh ahli media materi pengguna. Hasil validasi memperoleh persentase 95 00 untuk media 95 54 untuk materi serta 95 31 dan 96 87 untuk penggunaan. Sehingga dapat dikatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Setelah divalidasi media di uji cobakan pada siswa kelas III di SD Taman Muda 2 Kota Malang dan SDN Polowijen 1. Hasil dari Uji coba Kelompok kecil menunjukkan persentase 84 16 kemudian dilakukan uji coba lapangan yang memperoleh hasil 95 41 %. Pembuatan media diawali dengan mendesain banner yang diinginkan serta melengkapi perlengkapan lain seperti bola kantong plastik dan amplop karakter. Media digunakan dengan cara banner dibentangkan. Pada anner tersebt terdapat lubang yang sudah ditempeli kantong plastik untuk menampung bola. Siswa hendaknya memasukkan bola yang sudah bernomor ke dalam lambang yang bernomor urut sama pada Pancasila. Misalnya bola nomor tiga dimasukkan tepat pada lubang lambang sila ketiga yaitu pohon beringin. Hal tersebut diulang hingga seluruh bola sudah masuk dan simbol beserta nilai karakter tertempel pada LKK.Nilai yang terkandung di dalamnya yaitu Demokratis Tanggung Jawab Kerjasama Peduli Sosial. Adapun saran yang diajukan peneliti untuk pengembangan lebiih lanjut yaitu merancang media sedemikian rupa sehingga lebih dapat mengintegrasikan seluruh muatan yang ada dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6875

Actions (login required)

View Item View Item