Analisis soal-soal kognitif pada buku siswa kelas V sekolah dasar tema Benda-benda di Sekitar Kita berdasarkan taksonomi bloom revisi / Rizqi Akmaklina Mufida

Mufida, Rizqi Akmaklina (2018) Analisis soal-soal kognitif pada buku siswa kelas V sekolah dasar tema Benda-benda di Sekitar Kita berdasarkan taksonomi bloom revisi / Rizqi Akmaklina Mufida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Mufida, Rizqi Akmalina. 2018. Analisis Soal-Soal Kognitif pada Buku Siswa Kelas V Sekolah Dasar Tema Benda-Benda di Sekitar Kita Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing: (I) Suminah, S.Pd., M.Pd., (II) Dra. Lilik Bintartik, M. Pd. Kata Kunci : soal kognitif, buku siswa, taksonomi bloom revisi Bahan ajar dalam kurikulum 2013 adalah buku guru dan buku siswa yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Di dalam buku siswa terdapat materi ajar, kegiatan-kegiatan maupun soal-soal. Soal merupakan alat ukur ketercapaian siswa dalam menguasai suatu kompetensi. Salah satu kompetensi yang diukur adalah ranah kognitif. Tingkatan kognitif terbagi menjadi 6 mulai dari C1-C6. Berdasarkan hasil Indonesian National Assesment Program (INAP) Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud merekomendasikan agar siswa dibiasakan pada berbagai tingkatan kognitif sehingga mereka terbiasa berpikir dari tingkat rendah hingga tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan persentase setiap tingkatan kognitif soal-soal pada buku siswa kelas V Sekolah Dasar tema Benda-Benda di Sekitar Kita berdasarkan Taksonomi Bloom revisi. Selanjutnya, tujuan yang kedua adalah menjelaskan perbandingan antara soal kategori berpikir tingkat rendah dengan soal kategori berpikir tingkat tinggi pada buku siswa kelas V Sekolah Dasar tema Benda-Benda di Sekitar Kita. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Sumber datanya berasal dari buku siswa kelas V Sekolah Dasar tema Benda-Benda di Sekitar Kita yang diterbitkan oleh Kemendikbud. Teknik yang digunakan adalah dokumentasi dan instrumen yang digunakan adalah lembar perekam data. Langkah-langkah analisis data yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi Hasil penelitian ini ditemukan persentase tingkatan kognitif C1/mengingat 17, 3 %, C2/memahami 27,6 %, C3/mengaplikasikan 5,8 %, C4/menganalisis 24,3 %, C5/mengevaluasi 16,7 %, dan C6/menciptakan 8,3 %. Maka perbandingan soal kategori mudah, sedang, dan sulit adalah 4,5 : 3 : 2,5. Berdasarkan hasil tersebut, soal-soal kognitif pada buku siswa kelas V Sekolah Dasar tema Benda-Benda di Sekitar Kita belum memenuhi proporsi soal yang baik, karena proporsi soal yang baik mempunyai perbandingan 3 : 4 : 3. Oleh karena itu, pada buku siswa kelas V Sekolah Dasar tema Benda-Benda di Sekitar Kita masih kelebihan soal kategori mudah serta kekurangan soal kategori sedang dan sulit. Selanjutnya diperoleh perbandingan antara soal kategori berpikir tingkat rendah dengan soal kategori berpikir tingkat tinggi yaitu 5 : 5. Perbandingan tersebut menunjukkan perbandingan yang kurang baik. Seharusnya di kelas V, soal kategori berpikir tingkat tinggi mempunyai jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan soal kategori berpikir tingkat rendah. Oleh karena itu, guru perlu menambah atau vii membuat soal kategori berpikir tingkat tinggi agar kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dapat berkembang secara optimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persentase setiap tingkatan kognitif soal-soal pada buku siswa kelas V Sekolah Dasar Tema Benda-Benda di Sekitar Kita dapat dikategorikan menjadi soal kategori mudah, sedang dan sulit dengan perbandingan 4,5 : 3 : 2,5. Hal tersebut menunjukkan soal-soal kognitif pada buku tersebut belum memenuhi proporsi soal yang baik. Selanjutnya perbandingan antara soal kategori berpikir tingkat rendah dengan soal kategori berpikir tingkat tinggi pada buku siswa kelas V SD tema Benda-Benda di Sekitar Kita adalah 5 : 5. Hal tersebut menunjukkan perbandingan yang kurang baik. Seharusnya di kelas V, soal kategori berpikir tingkat tinggi mempunyai jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan soal kategori berpikir tingkat rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6874

Actions (login required)

View Item View Item