Implementasi Nilai- Nilai Karakter Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SDN DInoyo 1 Kota Malang / Suindra Bella Kusuma Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi Nilai- Nilai Karakter Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SDN DInoyo 1 Kota Malang / Suindra Bella Kusuma Wardani

Wardani, Suindra Bella Kusuma (2018) Implementasi Nilai- Nilai Karakter Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SDN DInoyo 1 Kota Malang / Suindra Bella Kusuma Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardani Suindra Bella Kusuma. 2018. Implementasi Nilai- Nilai Karakter Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SDN DInoyo 1 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Sugiharti M.Pd. (II) Drs. Toha Mashudi S.Pd. M.Pd Kata Kunci Implementasi Nilai- Nilai Karakter dan Pembelajaran Tematik Implementasi Nilai-nilai Karakter dapat dilaksanakan pada saat kegiatan pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Berdasarkan fakta di lapangan SDN Dinoyo 1 Kota Malang selain menerapkan Nilai-nilai karakter ke dalam kegiatan sekolah juga mengimplementasikan nilai-nilai karakter bersumber Kurikulum 2013 ke dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan implementasi nilai- nilai karakter pada perencanaan pembelajaran tematik yang dilakukan guru kelas III SDN Dinoyo 1 Kota Malang (2) Mendiskripsikan implementasi nilai- nilai karakter pada pelaksanaan pembelajaran tematik yang dilakukan guru kelas III SDN Dinoyo 1 Kota Malang (3) Mendiskripsikan implementasi nilai- nilai karakter pada evaluasi pembelajaran tematik yang dilakukan guru kelas III SDN Dinoyo 1 Kota Malang. Penelitian ini dilakukan di SDN Dinoyo 1 Kota Malang ruang lingkup penelitian tepatnya pada kelas III SDN Dinoyo 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif- kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa nilai- nilai karakter yang diimplementasikan pada perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dari 18 Nilai Karakter guru kelas III SDN Dinoyo 1 telah mengimplementasikan 15 nilai karakter ke dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut terlihat dari nilai-nilai karakter yang diimplementasikan oleh guru kelas III SDN Dinoyo 1 pada perencanaan (RPP dan Silabus) yang dibuat oleh guru sudah sesuai dengan pelaksanaannya. 15 Nilai karakter yang tampak pada pelaksanaan pembelajaran adalah religius jujur toleransi disiplin mandiri kerja keras cinta tanah air gemar membaca menghargai prestasi rasa ingin tahu demokratis komunikatif/bersahabat peduli lingkungan peduli sosial dan tanggung jawab. Evaluasi yang dilaksanakan guru dengan menggunakan teknik observasi. Penilaian dilaksanakan pada saat kegiatan pembelajaran sedang berlangsung. Implementasi nilai- nilai karakter pada pembelajaran tematik kelas III SDN Dinoyo 1 Kota Malang sudah dilaksanakan melalui kegiatan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran tematik sudah mengimplmentasikan nilai- nilai karakter yang termuat pada RPP dan silabus dengan menganalisis terlebih dahulu KI dan KD yang sesuai dengan pembelajaran. Untuk teknik evaluasi yang dilakukan oleh guru hanya menggunakan teknik observasi padahal masih banyak teknik penilaian untuk menilai sikap peserta didik. Untuk itu disarankan agar guru lebih inovatif dalam melaksanakan penilaian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6873

Actions (login required)

View Item View Item