Analisis kategori proses kognitif butir soal pada buku siswa kelas VI sekolah dasar semester I menurut revisi taksonomi Bloom / Qurotul ÔÇÿAini

Aini, Qurotul (2018) Analisis kategori proses kognitif butir soal pada buku siswa kelas VI sekolah dasar semester I menurut revisi taksonomi Bloom / Qurotul ÔÇÿAini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK ÔÇÿAini, Qurotul. 2018. Analisis Kategori Proses Kognitif Butir Soal pada Buku Siswa Kelas VI Semester I Menurut Revisi Taksonomi Bloom. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Toha Mashudi, S.Pd, M.Pd., (II) Drs. M. Imron Rosyadi, H.Sy. S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Tingkat kognitif, Soal, Buku siswa. Buku siswa menjadi sumber penting dalam pembelajaran, sehingga isi buku siswa harus dapat mendukung pengembangan berpikir siswa. Buku siswa berisi materi dan butir soal yang harus diselesaikan oleh siswa. Setiap butir soal yang ada pada buku siswa perlu dianalisis kategori proses kognitifnya untuk mengetahui sampai di tingkat kognitif manakah soal-soal di dalam buku siswa dapat mendukung perkembangan berpikir siswa. Kategori proses berpikir termuat dalam Taksonomi Bloom ranah kognitif yang telah direvisi oleh Anderson dan Krathwohl yang disusun secara hierarkis dari tingkatan berpikir yang paling rendah sampai tingkatan berpikir paling tinggi, yaitu: 1) mengingat; 2) memahami; 3) mengaplikasikan; 4) menganalisis; 5) mengevaluasi; dan, 6) mencipta. Tiga kategori awal, yaitu mengingat, memahami, dan mengaplikasikan termasuk kategori proses kognitif tingkat rendah atau Lower Order Thinking Skill (LOTS). Tiga kategori akhir, yaitu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta termasuk kategori proses kognitif tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS). Penelitian ini bertujuan memaparkan soal kategori proses kognitif tingkat rendah atau LOTS dan soal kategori proses kognitif tingkat tinggi atau HOTS pada buku siswa kelas VI Semester I menurut Taksonomi Bloom. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik analisis isi untuk memperoleh gambaran yang jelas dan mendalam tentang kategori proses kognitif soal berdasarkan Taksonomi Bloom. Sumber data pada penelitian ini, yaitu buku siswa kelas VI Semester I yang terdiri dari lima buku. Pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi. Analisis data diawali dengan pengkategorian butir soal, dilanjutkan dengan penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan soal pada buku siswa kelas VI Semester I masih didominasi oleh soal kategori proses kognitif rendah. Hampir setengah dari keseluruhan soal bermuatan kognitif pada buku siswa kelas VI Semester I hanya bertujuan mendorong siswa untuk memahami makna dari materi pelajaran. Bentuk soal kategori LOTS dan HOTS telah sesuai dengan indikator pada Revisi Taksonomi Bloom. Setiap indikator pada kategori LOTS terdiri dari satu hingga lima bentuk soal yang berbeda. Setiap indikator kategori HOTS terdiri dari satu hingga tiga bentuk soal yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6870

Actions (login required)

View Item View Item