Pengelolaan e-karakter untuk meningkatkan penguatan karakter peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pare Kabupaten Kediri / Meta Tri Ventine Budiarti

Budiarti, Meta Tri Ventine (2019) Pengelolaan e-karakter untuk meningkatkan penguatan karakter peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pare Kabupaten Kediri / Meta Tri Ventine Budiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Budiarti, M. T. V. 2019. Pengelolaan E-karakter untuk Meningkatkan Penguatan Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pare Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agus Timan, M.Pd, (2) Imam Gunawan, M.Pd. Kata Kunci: pengelolaan e-karakter, penguatan karakter Pendidikan karakter yaitu upaya sadar yang dilakukannya seorang guru untuk dapat mengajarkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didiknya. Di sisi lain, dunia pendidikan menerima pengaruh dari era teknologi ini sehingga berbagai tuntutan yang ada dalam era informasi terhadap perbaikan pendidikan perlu direspon secara kreatif dan proaktif, sehingga para pimpinan harus membuat dunia pendidikan menjadi lingkungan yang kondusif untuk kegiatan belajar dan pembelajaran. Terkait dengan adanya peraturan pemerintah tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan teknologi yang semakin maju. Maka Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pare Kabupaten Kediri memadukan pendidikan karakter dengan teknologi yang disebut e-karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) perencanaan; (2) pengorganisasian; (3) pelaksanaan; (4) evaluasi; dan (5) faktor pendukung dan penghambat serta solusi e-karakter untuk meningkatkan penguatan karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Pare Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data yang dilakukan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan metode, member check, kecakupan bahan referensi. Hasil penelitian ini adalah: (1) perencanaan e-karakter mencakup (a) perencanaan e-karakter disusun berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 dan teknologi; (b) aplikasi e-karakter berisikan 2 sisi yaitu e-tatib dan e-activity; (c) perencanaan menentukan tujuan e-karakter; (d) perencanaan e-karakter juga menentukan indikator-indikator ketercapaian dan menentukan harapan yang akan dicapai kedepannya. (2) pengorganisasian e-karakter yaitu kepala sekolah sebagai penanggungjawab, admin e-karakter sebagai pelaksana utama dalam pengelolaan e-karakter, serta adanya tim tata tertib sebagai penegakan disiplin peserta didik di sekolah. (3) pelaksanaan e-karakter antara lain: (a) pembuatan prototype e-karakter; (b) mensosialisasikan e-karakter kepada semua komponen sekolah dan orang tua peserta didik; (c) pelaksanaan e-karakter yang pertama pada sisi e-tatib, dilakukan untuk mencatat pelanggaran peserta didik di sekolah. Pelanggaran tersebut akan dimasukkan ke dalam e-tatib dan akan mendapatkan poin pelanggaran. Kedua pada sisi e-activity dilakukan oleh peserta didik sendiri untuk mencatatkan semua aktivitas positif setiap harinya. Semakin banyak peserta didik mencatatkan aktivitas positifnya ke dalam e-karakter maka poin yang didapatkan akan semakin banyak. (4) evaluasi e- vii karakter disimpulkan bahwa: (a) evaluasi yang dilakukan setiap akhir semester dengan pembuatan laporan evaluasi; (b) adanya rapat; (c) adanya pembinaan peserta didik. (5) faktor pendukung dan penghambat serta solusi e-karakter. Faktor pendukung pengelolaan e-karakter antara lain: (a) bapak/ibu guru banyak yang setuju dilaksanakan program e-karakter, (b) kepala sekolah sangat mensupport, (c) peserta didik senang, (d) jika online mudah membuat laporan evaluasi; (e) adanya sekolah lain yang mengadopsi e-karakter dan diterapkan disekolahnya. Faktor penghambat pengelolaan e-karakter antara lain: (a) sebagian besar bapak/ibu guru dan peserta didik yang kurang aktif dan malas untuk mengisi di e-karakter, (b) sebagian besar bapak/ibu guru yang tidak mengentrykan data pelanggaran peserta didik dalam e-karakter melainkan masih dicatat dalam buku, (c) sebagian besar peserta didik mempunyai alasan tidak bisa cara mengisi di e-karakter. Solusi dalam pengelolaan e-karakter antara lain: (a) kepala sekolah memberi motivasi, megingatkan, mengajak semua stakeholder untuk melaksanakan dengan baik; (b) admin e-karakter memberi bimbingan bapak/ibu guru dalam memasukkan data di e-karakter; (c) BK memberi pengarahan kepada peserta didik untuk saling mengajari temannya yang belum bisa menggunakan e-karakter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68692

Actions (login required)

View Item View Item