Internalisasi nilai-nilai karakter di lembaga Pendidikan Basic English Course Pare Kabupaten Kediri / Yuyik Lulita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Internalisasi nilai-nilai karakter di lembaga Pendidikan Basic English Course Pare Kabupaten Kediri / Yuyik Lulita Sari

Sari, Yuyik Lulita (2019) Internalisasi nilai-nilai karakter di lembaga Pendidikan Basic English Course Pare Kabupaten Kediri / Yuyik Lulita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sari Yuyik Lulita. 2019. Internalisasi Nilai-nilai Karakter di Lembaga Pendidikan Basic English Course Pare Kabupaten Kediri. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Djum Djum Noor Benty M.Pd. (II) Ahmad Nurabadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci internalisasi nilai-nilai karakter Karakter adalah sebuah kualitas yang membedakan antara seseorang yang beradab dan tidak. Sedangkan seseorang dikatakan berkarakter manakala ia telah memenuhi empat hal yakni tahu nilai kebaikan mau berbuat baik konsisten dalam melakukan perbuatan baik dan berdampak baik terhadap lingkungan. Seseorang yang berkarakter dianggap lebih mantap dalam menjalani hidup sebab dipandang memiliki landasan cara pandang berfikir bersikap dan bertindak yang kuat yang dijiwai oleh nilai-nilai kebajikan yang berguna sebagai pegangan diri dalam menghadapi dinamika sosial yang sarat akan perkembangan tantangan persaingan dan juga konflik. Masyarakat berkarakter adalah aset masa depan sebuah bangsa/negara. Mengusahakan agar suatu masyarakat dapat tumbuh dan berkembang menjadi sebuah masyarakat yang berkarakter adalah hal mutlak yang harus dilakukan oleh sebuah bangsa/negara termasuk Indonesia sebab hanya di tangan masyarakat yang berkarakterlah masa depan sebuah bangsa/negara dapat dititipkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) latar belakang internalisasi nilai-nilai karakter (2) nilai-nilai karakter yang diinternalisasikan (3) cara menginternalisasikan nilai-nilai karakter (4) dukungan yang dimiliki dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter (5) kendala yang dihadapi dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter (6) strategi yang digunakan dalam memanfaatkan dukungan yang dimiliki dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter dan (7) strategi yang digunakan dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter di Lembaga Pendidikan BEC Pare Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan rancangan studi kasus deskriptif dengan jumlah kasus tunggal. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menerapkan tiga teknik pengumpulan data yakni observasi wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menerapkan proses analisis data model interaktif yang terdiri atas tiga langkah yakni reduksi data display data dan verifikasi data atau kesimpulan. Simpulan penelitian menunjukkan (1) latar belakang internalisasi nilai-nilai karakter di Lembaga Pendidikan BEC Pare Kediri adalah esensi pendidikan dan bisnis (2) nilai-nilai karakter yang diinternalisasikan di Lembaga Pendidikan BEC Pare Kediri meliputi religius keislaman tanggung jawab disiplin mandiri bersih rapi bersahabat/ramah jujur kerja keras menghargai prestasi toleransi kreatif demokratis rasa ingin tahu cinta tanah air gemar membaca peduli sosial peduli lingkungan sederhana berani adil dan sopan dan santun (3) cara dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter di Lembaga Pendidikan BEC Pare Kediri adalah pemberlakuan peraturan dan sanksi nasihat keteladanan dan pembiasaan (4) dukungan yang dimiliki dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter di Lembaga Pendidikan BEC Pare Kediri ialah warning statement Mr. Kalend dan pemberian hak prerogatif atau kewenangan berupa pengeluaran peserta didik yang tidak mau diatur dari BEC (5) kendala yang dihadapi dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter di Lembaga Pendidikan BEC Pare Kediri meliputi didikan di dalam keluarga yang menerapkan minim aturan minimnya komitmen peserta didik untuk mau diatur didikan di lembaga pendidikan yang menerapkan minim aturan variasi usia peserta didik niat peserta didik yang berubah dan niat atau motivasi peserta didik belajar di BEC (6) strategi yang digunakan dalam memanfaatkan dukungan yang dimiliki dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter di Lembaga Pendidikan BEC Pare Kediri adalah bersikap bijaksana dan (7) strategi yang digunakan dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter di Lembaga Pendidikan BEC Pare Kediri ialah pendekatan personal (face to face) seraya dinasihati membuat kesepakatan dengan para peserta didik dan melakukan introspeksi diri. Berdasarkan simpulan penelitian dapat direkomendasikan yakni (1) bagi Pengelola Lembaga Pendidikan BEC Pare Kediri disarankan untuk tetap menerapkan perangai mau diatur sebagai prasyarat moril belajar di BEC sebagaimana yang telah dipoinkan oleh pendiri Lembaga Pendidikan BEC yakni Bapak Muhammad Kalend Osen dalam warning statement-nya sebab melalui penerapan perangai mau diatur tersebut maka para TPK dapat memiliki dasar yang jelas dalam menerapkan aturan dan sanksi bagi peserta didik yang melanggar tata tertib BEC dan para peserta didik dapat memiliki dasar yang jelas dalam berperangai di BEC (2) bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan disarankan untuk membuat sebuah warning statement berisi perangai mau diatur seperti yang dilakukan oleh pengelola BEC. Sebagai contoh bagi Anda yang berniat mengikuti sebuah mata kuliah di Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang maka Anda harus berniat mau diatur dan bagi Anda yang tidak mau diatur maka kami mohon untuk mengulang mata kuliah yang sama di lain semester (3) bagi peneliti disarankan untuk dapat mengaplikasikan kepribadian berkarakter seperti pesan moral yang terkandung dalam hasil penelitian ini dan (4) bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian dengan konteks yang sama di lembaga pendidikan kursus lainnya yang ada di Kampung Inggris Pare dalam rangka untuk mengetahui gambaran umum mengenai pendidikan karakter yang ada di satuan-satuan pendidikan nonformal berupa lembaga pendidikan kursus bahasa di Kampung Inggris Pare.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68690

Actions (login required)

View Item View Item