Ulfia, Fahmi (2018) Analisis kesalahan penulisan ejaan bahasa Indonesia dalam karangan narasi siswa kelas V SDN se-Gugus I Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Fahmi Ulfia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Ulfia Fahmi. 2018. Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Se-Gugus I Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sjafruddin A. Rahman S.Pd M.Pd (II) Dra. Endang Setyo Winarni M.Pd. Kata kunci Analisis Penulisan Ejaan Bahasa Indonesia Karangan Narasi. Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib bagi siswa Sekolah Dasar sampai dengan Perguruan Tinggi. Salah satu keterampilan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia adalah keterampilan menulis. Keterampilan menulis yang diajarkan di Sekolah Dasar adalah menulis karangan narasi. Melalui kegiatan mengarang siswa dilatih untuk terampil menerapkan aspek kebahasaan seperti kosakata tata bahasa ejaan dan tata bunyi yang benar dan sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai kesalahan penulisan ejaan dan kesulitan penulisan ejaan pada siswa Sekolah Dasar. Pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif dan menggunakan jenis metode penelitian deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu analisis isi atau dokumen. Analisis ini difokuskan pada kesalahan ejaan bahasa Indonesia dan kesulitan penulisan ejaan pada siswa kelas V SD semester II. Analisis data dimulai dari pengumpulan data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Instrumen yang digunakan mengumpulkan data yaitu peneliti sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada penulisan huruf kapital total kesalahan yang ditemukan dalam karangan narasi siswa yaitu sebanyak 389 kesalahan dengan persentase 49% termasuk kategori sedang (2) penulisan kata total kesalahan yang ditemukan dalam karangan narasi yaitu sebanyak 221 kesalahan dengan persentase 28% termasuk kategori sedang dan (3) penulisan tanda baca total kesalahan yang ditemukan dalam karangan narasi sebanyak 183 kesalahan dengan persentase 23% termasuk kategori sedikit. Kesulitan penulisan ejaan dalam menulis karangan narasi yang dihadapi oleh siswa kelas V SD memiliki tiga kesulitan (1) tidak pernah mengarang (2) tidak mempunyai ide/gagasan saat mengarang dan (3) kurang memahami penulisan huruf kapital dan tanda baca dalam menulis sebuah karangan narasi. Berdasarkan kesimpulan di atas peneliti memberi saran bagi (1) guru diharapkan untuk lebih banyak memberikan latihan menulis karangan narasi dengan memperhatikan penulisan ejaan bahasa Indonesia (EBI) dengan benar dan (2) peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitan serupa sebagai bahan referensi dan bahan pertimbangan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6869 |
Actions (login required)
View Item |