Keefektifan manajemen layanan khusus sekolah dan pengaruhnya terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri se Kota Malang / Diah Agustine - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan manajemen layanan khusus sekolah dan pengaruhnya terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri se Kota Malang / Diah Agustine

Agustine, Diah (2019) Keefektifan manajemen layanan khusus sekolah dan pengaruhnya terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri se Kota Malang / Diah Agustine. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustine Diah. 2016. Keefektifan Manajemen Layanan Khusus Sekolah dan Pengaruhnya terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri Se Kota Malang.Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Drs. H. Burhanuddin M.Ed. Ph.D. (II) Drs. H. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos. M.Pd. Kata kunci manajemen layanan khusus sekolah motivasi belajar prestasi belajar Layanan khusus sekolah diberikan kepada peserta didik dalam upaya mengoptimalkan kebutuhan peserta didik yang berkenaan dalam menunjang kegiatan proses belajarnya di sekolah. Jenis layanan khusus sekolah yang beragam perlu dikelola secara efektif diukur melalui pencapaian tujuan yang ditinjau dari segi prosesnya yaitu perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan pengevaluasian. Dengan pengelolaan layanan khusus sekolah yang efektif maka akan berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar mengajar peserta didik secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui seberapa tinggi tingkat keefektifan manajemen layanan khusus sekolah di SMA Negeri Se Kota Malang (2) mengetahui seberapa tinggi tingkat motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri Se Kota Malang (3) mengetahui seberapa tinggi tingkat prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri Se Kota Malang (4) mengetahui pengaruh tingkat keefektifan manajemen layanan khusus sekolah terhadap tingkat motivasi belajar peserta didik SMA Negeri Se Kota Malang (5) mengetahui pengaruh tingkat keefektifan manajemen layanan khusus sekolah terhadap tingkat prestasi belajar peserta didik SMA Negeri Se Kota Malang (6) mengetahui pengaruh tingkat motivasi belajar terhadap tingkat prestasi belajar peserta didik SMA Negeri Kota Malang dan (7) mengetahui ada pengaruh keefektifan manajemen layanan khusus sekolah terhadap motivasi dan prestasi belajar SMA Negeri Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 9151 siswa dan sampel sebanyak 94 siswa dengan menggunakan area random dan purposive sampling. Pengum pulan data dilakukan dengan teknik angket tertutup dan studi dokumentasi. Adapun analisis data menggunakana analisis regresi dan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis menunjukkan (1) tingkat keefektifan proses manajemen layanan khusus SMA Negeri Kota Malang termasuk dalam kualifikasi tinggi sedangkan tingkat pelaksanaan manajemen layanan khusus sekolah tergolong dalam kualifikasi cukup efektif (2) tingkat motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri Kota Malang berada dalam kualifikasi tinggi (3) tingkat prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri kota Malang berada dalam kualifikasi tinggi (4) ada pengaruh secara signifikan antara tingkat keefektifan manajemen layanan khusus sekolah terhadap tingkat motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri Kota Malang (5) tidak adanya pengaruh yang signifikan antara tingkat keefektifan manajemen layanan khusus sekolah terhadap tingkat prestasi belajar peserta didik SMA Negeri Kota Malang (6) ada pengaruh yang signifikan antara tingkat motivasi belajar dan prestasi belajar peserta didik SMA Negeri Kota Malang dan (7) ada pengaruh secara tidak langsung antara keefektifan manajemen layanan khusus sekolah terhadap motivasi dan prestasi belajar. Saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian ini adalah kepada (1) Kepala SMA Negeri Se Kota Malang diharapkan meningkatkan dan mempertahankan kualitas pelayanan dari tiap-tiap layanan sekolah yang ada dengan baik dan efektif sehingga dengan meningkatnya kualitas layanan yang baik kebutuhan peserta didik dari aspek jasmani dan rohani akan terpenuhi dengan baik pula (2) pengelola layanan khusus SMA Negeri Se Kota Malang diharapkan meningkatkan pengelolaan setiap layanan khusus sekolah yang ada secara optimal sehingga peserta didik dapat memanfaatkan layanan khusus sekolah tersebut sesuai dengan kebutuhan peserta didik (3) peserta didik SMA Negeri Se Kota Malang hendaknya meningkatkan kegiatan belajarnya dengan baik dan maksimal baik secara akademik maupun non akademik dan (4) mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan hasil ini dapat dijadikan bahan informasi terkait untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan manajemen layanan khusus sekolah motivasi belajar dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68689

Actions (login required)

View Item View Item