Hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru di SMA Negeri Kota Malang / Bella Nadya Rosaliawati

Rosaliawati, Bella Nadya (2019) Hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru di SMA Negeri Kota Malang / Bella Nadya Rosaliawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rosaliawati, Bella Nadya. 2019. Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru di SMA Negeri Kota Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universits Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Mustiningsih, M.Pd., (II) Dr. H. Imron Arifin, M.Pd. Kata kunci: gaya kepemimpinan, kinerja guru, guru SMA Negeri Kota Malang Masalah kinerja guru menjadi sorotan berbagai pihak yang harus mendapatkan perhatian sentral, hal ini dikarenakan figur seorang guru merupakan sorotan paling utama ketika berbicara mengenai masalah pendidikan. Peningkatan kinerja guru di sekolah menjadi salah satu tugas dari seorang kepala sekolah. Untuk itu, dalam pelaksanaan peningkatan kinerja guru dapat dilakukan dengan peran penting dari kepala sekolah melalui kepemimpinannya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkap gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri Kota Malang; (2) mengungkap kinerja guru di SMA Negeri Kota Malang; (3) mengetahui hubungan gaya kepemimpinan otokratis kepala sekolah dan kinerja guru; (4) mengetahui hubungan gaya kepemimpinan demokrasi kepala sekolah dan kinerja guru; (5) mengetahui hubungan gaya kepemimpinan partisipasi kepala sekolah dan kinerja guru; (6) mengetahui hubungan gaya kepemimpinan kendali bebas kepala sekolah dan kinerja guru; dan (7) mengetahui hubungan gaya kepemimpinan dan kinerja guru di SMA Negeri Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena peneliti menggunakan cara pencatatan dan penganalisaan data hasil penelitian dengan perhitungan statistik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey, dimana data dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner atau angket. Pengambilan data dilakukan di SMA Negeri Kota Malang. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 594 guru, dalam pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling yang menggunakan rumus formula Slovin, dengan memperoleh hasil sampel sejumlah 239 guru. Teknik analisis deskriptif dan korelasi digunakan dalam penelitian ini. Dalam melakukan analisis data penelitian menggunakan bantuan Method of Successive Interval (MSI) dan Statistical Package for Social Science for windows versi 20.0. Hasil penelitian ini, yaitu: (1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri Kota Malang yang terdiri dari otokratis, partisipasi, demokrasi dan kendali bebas tergolong baik, dengan tingkat keseringan gaya kepemimpinan yang digunakan adalah gaya kepemimpinan demokratis, partisipasi, kendali bebas lalu otokratis; (2) tingkat kinerja guru di SMA Negeri Kota Malang dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran tergolong baik; (3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan otokratis kepala sekolah dan kinerja guru di SMA Negeri Kota Malang; (4) ada hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan demokrasi kepala sekolah dan kinerja guru di SMA Negeri Kota Malang; (5) ada hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan partisipasi kepala sekolah dan kinerja guru di SMA Negeri Kota Malang; (6) ada hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan kendali bebas kepala sekolah dan kinerja guru di SMA Negeri Kota Malang; dan (7) ada hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMA Negeri Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran sebagai berikut: (1) Kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, hendaknya mendorong kepala sekolah agar kepala sekolah bisa mempertahankan serta meningkatkan kepemimpinanya dan kinerja bawahannya; (2) Kepada Kepala SMA Negeri Kota Malang, hendaknya mengadakan evaluasi dengan guru untuk saling mempertahankan kinerja demi tercapainya tujuan bersama; (3) Kepada Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan, hendaknya Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan dapat memberikan gambaran bahwa dengan gaya kepemimpinan yang dimiliki kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru; (4) Kepada Peneliti Lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber referensi bagi peneliti yang akan melakukan penelitian selanjutnya dengan tema yang sama. SUMMARY Rosaliawati, Bella Nadya. 2019. The Correlation between Headmaster’s Style of Leadership and Teacher’s Performance in Public Senior High School in Malang. Thesis, Educational Administration Department, Faculty of Education Science, Malang State University. Advisor: (I) Dr. Mustiningsih, M.Pd., (II) Dr. H. Imron Arifin, M.Pd. Keywords: style of leadership, teacher’s performance, Malang public senior high school The problem of teacher performance is the focus of various parties who must get central attention, this is because the figure of a teacher is the main focus about educational problems. Improving teacher performance in schools is one of the school principal. Furthermore the implementation of teacher performance can be carried out with the important role of the principal through the leadership. This study aims to: (1) reveal the leadership style of principals in Malang High Schools; (2) knowing the performance of teachers’ of high schools in Malang; (3) knowing the relationship between the principal's autocratic leadership style and teacher performance; (4) knowing the relationship between the principal's democratic leadership style and teacher performance; (5) knowing the relationship between the leadership style of the principal's participation and teacher performance; (6) knowing the relationship between the principal's leadership style of free control and teacher performance; and (7) knowing the relationship between leadership style and teacher performance in Malang high School. This research uses a quantitative approach because the way of recording and analyzing research data with statistical calculations. This research is survey research, where data collected from respondents by using a questionnaire. Data was collected at High School of Malang. The population in this study was 594 teachers, using proportional random sampling techniques using the Slovin formula, by obtaining a sample of 239 teachers. Descriptive and correlation analysis techniques were used in this study. In analyzing research data using the Method of Successive Interval (MSI) and Statistical Package for Social Science for Windows version 20.0. The results of this study, which are: (1) Principal leadership style in Malang High School consisting of autocratic, participation, democracy and free control classified as good, with the level of frequency the leadership style used is democratic leadership style, participation, free control and autocratic ; (2) the level of performance of teachers in Malang City High School in learning planning, learning implementation, and evaluation of learning is good; (3) there is no significant relationship between the autocratic leadership style of school principals and teacher performance in Malang High School; (4) there is a significant positive relationship between the democratic leadership style of school principals and teacher performance in Malang High School; (5) there is a significant positive relationship between the leadership style of principals' participation and the performance of teachers in Malang High Schools; (6) there is a significant positive relationship between the leadership style of the teacher's free control and the performance of teachers in Malang High School; and (7) there is a significant positive relationship between the principal's leadership style and teacher performance in Malang High School. Based on the results of the study, the researcher gave the following suggestions: (1) The Head of Malang Education Office should encourage the school principa, so the principal can maintain and improve the leadership and performance of his subordinates; (2) The Head of Malang City High School should conduct an evaluation with the teacher to maintain each other's performance in order to achieve common goals; (3) To the Department of Educational Administration, research results can be used as additional library materials; (4) To Other Researchers, the results of this study can be used as a reference source for researchers who will conduct further research with the same theme.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68688

Actions (login required)

View Item View Item