Kepemimpinan kepala sekolah berprestasi (Studi kasus di SD Negeri Tunjungsekar 1 Kota Malang) / Friska Fridiana Putri

Putri, Friska Fridiana (2020) Kepemimpinan kepala sekolah berprestasi (Studi kasus di SD Negeri Tunjungsekar 1 Kota Malang) / Friska Fridiana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Friska, Fridiana, Putri. 2019. Kepemimpinan Kepala Sekolah Berprestasi (Studi Kasus di SD Negeri Tunjungsekar 1 Kota Malang). Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal, M.Pd, dan (II) Dr. Juharyanto, M.M., M.Pd Kata Kunci: kepemimpinan, kepemimpinan kepala sekolah, prestasi Pendidikan merupakan faktor utama dan terpenting dalam kemajuan suatu bangsa dan negara. Dengan adanya kepemimpinan yang berkualitas dapat mencapai tujuan pendidikan yang efektif dan efisien. Seorang pemimpin juga sangat berpengaruh dalam keberhasilan suatu sekolah. Dengan prestasi yang diraih oleh kepala sekolah, maka guru dan peserta didik akan termotivasi apabila melihat pemimpin yang banyak mendapatkan prestasi. Fokus umum penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah berprestasi. Secara khusus, fokus penelitian diarahkan pada empat hal berikut: (1) prestasi yang telah diraih kepala sekolah dan sekolah yang dipimpin, (2) karakteristik kepemimpinan kepala sekolah berprestasi, (3) faktor pendukung kepemimpinan kepala sekolah berprestasi, dan (4) faktor penghambat kepemimpinan kepala sekolah berprestasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang mengacu pada studi kasus. Penelitian ini menekankan pada prestasi yang diraih oleh kepala sekolah dan sekolah pada saat kepemimpinan kepala sekolah yang saat ini menjadi kepala SD Negeri Tunjungsekar 1 Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi, pengecekan anggota, meningkatkan ketekunan, dan pemeriksaan data. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, dan kemudian verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan ada empat rumusan meliputi: Pertama, sekolah yang dipimpin oleh kepala sekolah berprestasi memiliki prestasi yang banyak. Prestasi yang diraih oleh kepala sekolah meliputi dalam bidang guru berprestasi, supervisi, best practice. Pada level tingkat kecamatan, kota, provinsi, hingga nasional. Prestasi sekolah meliputi dalam bidang keolahragaan, guru berprestasi, pengelolaan kelas, green school festival, budaya mutu sekolah, karakter, kesenian, dan FLS2N. Pada level tingkat gugus, kecamatan, kota, provinsi, dan nasional. Sekolah yang dipimpin oleh kepala sekolah berprestasi memiliki prestasi yang banyak karena kepala sekolah selalu berprinsip manajemen, turun tangan mempersiapkan kompetisi, memahami kompetisi, menerima kritik, dan mempersiapkan kompetisi dengan maksimal. Kepala sekolah senantiasa memberikan motivasi yang kuat kepada seluruh guru dan peserta didik agar senantiasa berprestasi. Kepala sekolah berprestasi senantiasa melakukan evaluasi secara menyeluruh dan berkelanjutan yang bertujuan untuk memperbaiki dalam keikutsertaan perwakilan sekolah pada kompetisi agar lebih baik lagi. Kedua, karakteristik kepemimpinan kepala sekolah berprestasi sesuai dengan kompetensi kepala sekolah disertai strategi yang kuat agar berprestasi serta menjalankan kepemimpinannya dengan prinsip manajemen. Kepala sekolah berprestasi memiliki karakteristik yang disiplin serta selalu berbagi pengalaman berprestasi kepada seluruh warga sekolah. Dalam melakukan kepemimpinannya, kepala sekolah berprestasi sesuai dengan visi misi sekolah agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan kepemimpinannya. Kepala sekolah berprestasi memiliki gaya kepemimpinan demokratis, dimana kepala sekolah selalu memberikan kesempatan kepada guru dan peserta didik untuk menyampaikan ide terkait dalam meningkatkan prestasi sekolah. Kepala sekolah turut menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh komponen sekolah untuk meningkatkan prestasi. Karakteristik kepala sekolah berprestasi senang dengan prestasi yang telah diraih oleh perwakilan sekolah, dengan kepala sekolah selalu memberikan penghargaan. Ketiga, pendukung dalam kepemimpinan kepala sekolah berprestasi adalah kepala sekolah selalu mempertahankan prestasi dengan berkomunikasi baik dengan guru, peserta didik, wali murid dan masyarakat. Pendukung kepemimpinan kepala sekolah berprestasi berpacu dari banyaknya prestasi yang telah diraih, sehingga menyebabkan untuk senantiasa terdorong dalam meningkatkan prestasi. Keempat, hambatan dalam kepemimpinan kepala sekolah berprestasi karena dari segi waktu, tenaga, biaya, dan kondisi sekolah. Dari segi waktu dikarenakan pada hari sekolah kegiatan pembelajaran sudah full dan tidak ada waktu untuk melakukan persiapan kompetisi. Sedangkan hambatan dari segi biaya dan transportasi karena sekolah negeri sejatinya tidak bisa mengeluarkan dana sekolah secara terus menerus. Dengan hambatan tersebut kepala sekolah menyiapkan alternatif pemecahan yang terjadi tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini diberikan saran kepada enam pihak, yaitu: (1) Kepala dinas pendidikan Kota Malang diharapkan mempromosikan kepala sekolah untuk menjadi narasumber untuk berbagi pengalaman berprestasi kepada kepala sekolah lainnya; (2) Kepala SD Negeri Tunjungsekar 1 Kota Malang sebaiknya menuliskan pengalaman berprestasi yang telah dilakukan untuk dijadikan acuan bagi kepala sekolah berikutnya agar senantiasa mempertahankan prestasi sekolah; (3) Guru diharapkan sadar akan pentingnya mengikuti kompetisi perlombaan untuk guru agar meningkatkan prestasi tanpa adanya paksaan dari kepala sekolah; (4) Peserta didik diharapkan berpartisipasi aktif dalam mengikuti kompetisi perlombaan sesuai dengan kemampuan serta bakat/minat pada bidang akademik maupun non akademik agar meningkatkan prestasi; (5) Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan, disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu referensi tema penelitian bagi mahasiswa jurusan administrasi pendidikan yang berkaitan dengan kepemimpinan kepala sekolah berprestasi serta mahasiswa jurusan diharapkan sering untuk mengikuti kompetisi perlombaan agar kedepannya lebih meningkatkan prestasi; dan (6) Peneliti Lain, disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi, kajian, masukan, dan pertimbangan bagi peneliti lain sebagai acuan menyusun skripsi atau kaya tulis lain, serta penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk melakukan penelitian dengan membandingkan dengan sekolah yang tidak banyak memiliki prestasi dan kepala sekolah yang tidak berpengalaman dalam mengikuti kompetisi perlombaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68687

Actions (login required)

View Item View Item