Hubungan keikutsertaan ekstrakurikuler pramuka dengan tingkat kedisiplinan siswa di SMK Negeri se-Kota Malang / Taufik Aziz Jatmiko

Jatmiko, Taufik Aziz (2019) Hubungan keikutsertaan ekstrakurikuler pramuka dengan tingkat kedisiplinan siswa di SMK Negeri se-Kota Malang / Taufik Aziz Jatmiko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Jatmiko, Taufik Aziz. 2019. Hubungan Keikutsertaan Ekstrakurikuler Pramuka dengan Tingkat Kedisiplinan Siswa di SMK Negeri se-Kota Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. A. Supriyanto, M.Pd., M.Si, (II) Ahmad Nurabadi, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: ekstrakurikuler pramuka, dan tingkat kedisiplinan siswa Ekstrakurikuler Pramuka adalah jenis ekstrajurikuler yang sekarang diwajibkan dalam sekolah-sekolah sebagai proses untuk membentuk karakter serta membentuk perilaku disiplin siswa yang baik dalam sekolah. Kegiatan pramuka bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia,sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, disiplin, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Sikap disiplin penting dan harus dimiliki oleh setiap siswa di sekolah. Disiplin membantu siswa dalam proses pembentukan sikap, prilaku dan akan mengantar seorang siswa sukses dalam belajar dan ketika bekerja nanti. Tujuan pelaksanaan penelitian ini yakni untuk (1) mengetahui tingkat keikutsertaan ekstrakurikuler pramuka di SMK Negeri se-Kota Malang, (2) mengetahui tingkat kedisiplinan siswa di SMK Negeri se-Kota Malang, (3) mengetahui hubungan antara ekstrakurikuler pramuka dengan tingkat kedisiplinan siswa di SMK Negeri se-Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan rancangan penelitian deskriftif korelasi. Dalam pengambilan data penelitian ini menggunakan kuesioner berupa angket dengan responden siswa di SMK Negeri se-Kota Malang sebanyak 364 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis dengan menggunakan Product Moment Pearson analisis data dibantu dengan Stastitical Package for Social Science for windows versi 20.0. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) tingkat keikutsertaan ekstrakurikuler pramuka di SMK Negeri se-Kota Malang tergolong sedang, (2) tingkat kedisiplinan siswa di SMK Negeri se-Kota Malang tergolong sedang, (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara ekstrakurikuler pramuka dengan tingkat kedisiplinan siswa di SMK Negeri se-Kota Malang. Sesuai dengan kesimpulan diatas maka peneliti memberikan saran sebagai berikut, (1) kepala SMK Negeri se-Kota Malang, kepala sekolah harus meningkatkan lagi kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang ada di sekolah agar memperbaiki kedisiplinan siswa, (2) waka kesiswaan harus senantiasa memberikan didikan disiplin siswa di sekolah dengan peraturan yang lebih dapat memberikan jera kepada siswa, (3) wali murid dirumah harus selalu mengawasi pergaulan siswa di luar sekolah agar siswa tidak terjerumus dengan pergaulan yang salah, (4) siswa harus selalu mentaati peraturan yang sudah berlaku disekolah agar kegiatan belajar dapat berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68681

Actions (login required)

View Item View Item