Manajemen kegiatan ekstrakurikuler sains club untuk menunjang keaktifan peserta didik dalam pembelajaran science (studi kasus di SD My Little Island Kota Malang) / Mery Dwi Rohmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kegiatan ekstrakurikuler sains club untuk menunjang keaktifan peserta didik dalam pembelajaran science (studi kasus di SD My Little Island Kota Malang) / Mery Dwi Rohmawati

Rohmawati, Mery Dwi (2019) Manajemen kegiatan ekstrakurikuler sains club untuk menunjang keaktifan peserta didik dalam pembelajaran science (studi kasus di SD My Little Island Kota Malang) / Mery Dwi Rohmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Rohmawati Mery Dwi. 2019. Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Sains Club untuk Menunjung Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Science (Studi Kasus di SD My Little Island). Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mustiningsih M.Pd. (II) Dra. Djum Djum Noor Benty M.Pd. Kata Kunci manajemen kegiatan ekstrakurikuler sains club keaktifan peserta didik Manajemen kegiatan ekstrakurikuler merupakan suatu kegiatan yang terdiri dari kegiatan perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan penilaian mengenai kegiatan sekolah yang dilakukan di luar kelas dan di luar jam pelajaran untuk keterampilan dan keaktifan yang dimiliki oleh peserta didik baik dalam bidang ilmu pengetahuan khususnya ilmu pengetahuan alam. Kegiatan ekstrakurikuler sains club di SD My Little Island bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik terutama dalam pembelajaran science. Kegiatan ekstrakurikuler sains club ini memiliki tujuan yaitu untuk membuat sains menjadi lebih menyenangkan memfasilitasi pembelajaran sains melatih keaktifan disiplin dan kerjasama dari peserta didik meningkatkan pengetahuan dan kemampuan serta untuk mempertahankan keunggulan sekolah dalam dua bidang yaitu mathematic dan sains. Fokus penelitian ini adalah (1) Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler sains club untuk menunjang keaktifan peserta didik dalam pembelajaran science di SD My Little Island (2) Pengorganisasian kegiatan eksrakurikuler sains club untuk menunjang keaktifan peserta didik dalam pembelajaran science di SD My Little Island (3) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sains club untuk menunjang keaktifan peserta didik dalam pembelajaran science di SD My Little Island (4) Penilaian kegiatan ekstrakurikuler sains club untuk menunjang keaktifan peserta didik dalam pembelajaran science di SD My Little Island (5) Faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sains club dalam pembelajaran science di SD My Little Island (6) Faktor penunjang dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sains club dalam pembelajaran science di SD My Little Island (7) Upaya dalam menanggulangi hambatan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sains club dalam pembelajaran science di SD My Little Island. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus untuk memperoleh data deskriptif secara alamiah komprehensif dan intensif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Dalam pengumpulan data peneliti berperan sebagai key instrument dan wakil kepala sekolah bagian kesiswaan sebagai key informan. Analisis data dilakukan selama di lapangan dan setelah selesai di lapangan. Secara interaktif kegiatan analisis data ini dilakukan dengan serangkaian proses reduksi data dan display data. Setelah diperolehnya data penelitian dilakukan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi pengecekan anggota dan kecukupan bahan referensi. vi Simpulan penelitian ini menunjukkan (1) perencanaan kegiatan ekstrakurikuler sains club di SD My Little Island dilakukan setiap awal semester. Kegiatan yang dilakukan dalam perencanaan meliputi penetapan tujuan kegiatan penetapan indikator kegiatan penyusunan program kegiatan menentukan pihak-pihak yang terlibat atau berperan dalam kegiatan perencanaan baik dari Lembaga Sains Cendikia atau dari SD My Little Island penyusunan alokasi dana untuk kegiatan ekstrakurikuler sains club memenuhi sarana dan prasarana untuk pelaksanaan kegiatan menetapkan tata tertib kegiatan serta menentukan alokasi waktu untuk pelaksanaan kegiatan. (2) pengorganisasian dalam kegiatan ekstrakurikuler sains club meliputi penyusunan struktur organisasi penentuan waktu pembuatan struktur organisasi dan pembagian tugas dan wewenang (3) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sains club di SD My Little Island meliputi kegiatan penyesuaian program dengan jadwal pelaksanaan implementasi program kegiatan peran serta sekolah dan Lembaga Sains Cendikia dalam pelaksanaan meningkatkan antusiasme peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan serta meningkatkan keaktifan peserta didik (4) penilaian dalam kegiatan ini meliputi menyusun dan menentukan kriteria keberhasilan program melakukan pengawasan terhadap kegiatan ekstrakurikuler sains club melakukan penilaian kegiatan membuat laporan hasil pengawasan dan melakukan evaluasi (5) faktor penghambat yang terdapat dalam kegiatan ekstrakurikuler sains club meliputi kurangnya tenaga pengajar perbedaan karakteristik peserta didik tidak ada ruang laboratorium IPA untuk melakukan eksperimen pengubahan jadwal kegiatan serta pengubahan program kegiatan (6) Faktor pendukung dari kegiatan ini meliputi penugasan guru sebagai penanggungjawab kegiatan di kelas terpenuhinya sarana untuk melakukan eksperimen (7) upaya untuk mengatasi hambatan dalam kegiatan ekstrakurikuler ini meliputi penugasan guru oleh sekolah untuk membantu dalam pelaksanaan menyusun program sesuai dengan keinginan peserta didik agar kegiatan yang dilakukan dapat merata memanfaatkan ruang kelas sebagai ruang praktik pergeseran waktu pelaksanaan menjadi lebih cepat atau lambat agar tidak mengubah waktu dan program yang telah disusun serta penyesuaian program dengan inovasi agar kegiatan tidak monoton dan membosankan. Berdasarkan simpulan penelitian tersebut peneliti memberi saran (1) Kepala SD My Little Island diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan dan kerjasama dengan Lembaga Sains Cendikia Pembina kegiatan ekstrakurikuler guru wali murid dan peserta didik (2) pembina kegiatan ekstrakurikuler sains club diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan untuk mengembangkan meningkatkan kinerja dan inovasi dalam membina dan melatih kegiatan ekstrakurikuler sains club (3) guru dan Wali Murid SD My Little Island hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dan motivasi dalam meningkatkan peran guru dan wali murid sebagai pendukung kegiatan anak (4) ketua Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai tambahan referensi dalam mengembangkan ilmu manajemen peserta didik khususnya yang terkait dengan manajemen layanan khusus (5) peneliti lain hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan pertimbangan apabila ingin melakukan penelitian yang sejenis dengan substansi yang sama atau penelitian lanjutan dengan mengembangkan ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68680

Actions (login required)

View Item View Item