Widiarti, Annisa (2019) Perencanaan pembelajaran berbasis masjid dan alam untuk pemenuhan pembentukan karakter peserta didik (studi kasus di SD Anak Saleh Malang) / Annisa Widiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Widiarti Annisa. 2019. Perencanaan Pembelajaran Berbasis Masjid Dan Alam Untuk Pemenuhan Pembentukkan Karakter Peserta Didik (Studi Kasus Di Sd Anak Saleh Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd. (2) Wildan Zulkarnain S.Pd. M.Pd. Kata Kunci perencanaan pembelajaran pembelajaran berbasis masjid dan alam karakter. Pada era sekarang ini karakter menjadi aspek penting yang perlu ditumbuhkembangkan kepada peserta didik untuk menjadikan mereka sosok manusia yang berkarakter. Proses pendidikan saat ini di beberapa sekolah nyatanya masih lebih menekankan pembelajaran pada aspek otak kiri seperti hafalan dan hanya sekedar tahu saja. Hal itulah yang secara tidak langsung telah membunuh karakter peserta didik sehingga mereka menjadi tidak aktif dan kreatif. Kegagalan sistem pendidikan di Indonesia saat ini merangsang tumbuhnya sekolah-sekolah alternatif yang diyakini memiliki mutu pendidikan lebih baik dari sekolah biasa. Salah satu sekolah alternatif yang sekarang ada yaitu sekolah dengan konsep pendidikan berbasis masjid dan alam. Adanya masjid dan juga alam sebagai fasilitas penunjang kegiatan pembelajaran dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran secara maksimal. Oleh karena itu segala kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran berbasis masjid maupun alam haruslah direncanakan dengan sebaik mungkin. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran SD Anak Saleh secara umum (2) perencanaan pembelajaran berbasis masjid (3) perencanaan pembelajaran berbasis alam dan (4) hambatan yang dihadapi dalam mempersiapkan pembelajaran berbasis masjid dan alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui koleksi data reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun uji keabsahan data menggunakan kriteria derajat kepercayaan atau kredebilitas yang meliputi triangulasi pengecekan anggota (Member Checks) kecukupan bahan referensi dan meningkatkan ketekunan. Penelitian dilakukan di SD Anak Saleh Malang sebagai salah satu sekolah yang memiliki konsep pembelajaran berbasis masjid dan sekolah alam. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) perencanaan pembelajaran di SD Anak Saleh Malang secara umum berpatokkan pada kurikulum yang berupa kurikulum nasional hidden curriculum dan family curriculum. Setelah kurikulum visi dan misi sekolah juga menjadi acuan dalam perencanaan. Perencanaan dimulai dengan mengadakan workhsop terlebih dahulu kemudian membuat rencana kegiatan pembelajaran yang berupa silabus dan juga RPP (2) perencanaan pembelajaran berbasis masjid dilakukan dengan berpatokan pada kurikulum yang berupa kurikulum nasional hidden curriculum dan family curriculum. Setelah itu visi misi yang telah ditetapkan oleh sekolah juga menjadi acuan dalam perencanaan pembelajaran berbasis masjid dan kemudian dilanjutkan dengan pembuatan silabus yang memuat beberapa panca karakter pembuatan RPP yang memuat beberapa panca karakter anak saleh serta perijinan masjid sebagai fasilitas belajar (3) perencanaan pembelajaran berbasis alam dilakukan dengan berpatokan pada kurikulum yang berupa kurikulum nasional hidden curriculum dan family curriculum. Setelah itu visi misi yang telah ditetapkan oleh sekolah juga menjadi acuan dalam perencanaan pembelajaran berbasis masjid dan kemudian dilanjutkan dengan pembuatan silabus yang memuat panca karakter anak saleh pembuatan RPP yang memuat panca karakter anak saleh serta perijinan alam sebagai fasilitas belajar dan (4) hambatan yang dihadapi oleh guru dalam perencanaan pembelajaran berbasis masjid maupun alam yaitu kesulitan mengaitkan materi pembelajaran dengan masjid kesulitan mengatur waktu cuaca yang berubah-ubah tidak ada keterkaitan materi dengan alam dan waktu integrasi yang kurang pas. Selain itu hambatan yang dihadapi oleh koordinator keislaman dan juga koordinator sekolah alam yaitu seperti adanya anggota TTM yang tidak mampu bekerjasama dengan tim sulit berkoordinasi dengan guru saat berbenturan waktu penggunaan fasilitas yang bergantian serta kesulitan bertemu dengan guru-guru untuk berdiskusi. Saran yang dapat direkomendasikan dari hasil penelitian ini adalah (1) Guru SD Anak Saleh hendaknya selalu membuat alternatif kegiatan pembelajaran yang lain ketika kesulitan dalam mengatur waktu pengintegrasian dengan masjid maupun alam yang berbenturan maupun karena cuaca yang berubah-ubah. Selain itu guru juga hendaknya menyisipkan sedikit nilai-nilai yang berkaitan dengan masjid atau keagamaan untuk menunjang pembelajaran yang berbasis masjid dan nilai-nilai yang berkaitan dengan alam untuk menunjang pembelajaran yang berbasis alam (2) Kepala SD Anak Saleh hendaknya selalu memantau perkembangan pembelajaran peserta didik guna dijadikan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan terkait dengan pengelolaan sekolah dan pengembangan program pembelajaran berbasis masjid dan alam (3) Koordinator Keislaman hendaknya selalu membimbing dan membina anggota TTM agar dapat bekerjasama dalam mengelola pembelajaran berbasis masjid kemudian selalu memperbaiki cara berkoordinasi dengan guru ketika waktu pembelajaran berbenturan dengan kegiatan lain dan mendata menjadwal atau mengatur penggunaan fasilitas yang terbatas (4) Koordinator Sekolah Alam hendaknya membuat jadwal tertentu untuk berdiskusi dengan guru-guru terkait penggunaan sekolah alam dan kebutuhan peralatan yang dibutuhkan. Selain itu juga bisa melalui forum diskusi online seperti whatsapp untuk menghemat waktu dan (5) Peneliti selanjutnya hendaknya menyiapkan jadwal penelitian dengan matang dan memperdalam semua fokus yang akan diteliti sehingga informasi dapat terkumpul melalui wawancara observasi maupun dokumentasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/68679 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |