Hubungan kemampuan berorganisasi dan pembentukan karakter dengan motivasi diri pengurus OSIS SMA Negeri se Kota Tuban / Moh. Nasirul Haqqi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemampuan berorganisasi dan pembentukan karakter dengan motivasi diri pengurus OSIS SMA Negeri se Kota Tuban / Moh. Nasirul Haqqi

Haqqi, Moh. Nasirul (2019) Hubungan kemampuan berorganisasi dan pembentukan karakter dengan motivasi diri pengurus OSIS SMA Negeri se Kota Tuban / Moh. Nasirul Haqqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Haqqi Moh. Nasirul. 2019. Hubungan Kemampuan Berorganisasi dan Pembentukan Karakter dengan Motivasi Diri Pengurus OSIS SMA Negeri Se Kota Tuban. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. H. Sultoni M.Pd. (II) Desi Eri Kusumaningrum M.Pd. Kata Kunci Kemampuan Berorganisasi Pembentukan Karakter Motivasi diri Pengurus OSIS Kemampuan berorganisasi dan karakter yang baik diharapakan dapat menumbuhkan motivasi yang tinggi bagi pengurus OSIS SMA Negeri se Kota Tuban dalam menyelesaikan pekerjaan dan meraih prestasi membanggakan baik dibidang akademik maupun non akademik. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat kemampuan berorganisasi pengurus OSIS SMA Negeri se Kota Tuban (2) mengetahui tingkat implementasi pembentukan karakter pengurus OSIS SMA Negeri se Kota Tuban (3) mengetahui tingkat motivasi diri pengurus OSIS SMA Negeri se Kota Tuban (4) mengetahui hubungan antara kemampuan berorgnisasi dengan motivasi diri pengurus OSIS di SMA Negeri se Kota Tuban (5) mengetahui hubungan antara pembentukan karakter dengan motivasi diri pengurus OSIS di SMA Negeri se Kota Tuban (6) mengetahui hubungan kemampuan berorganisasi dan pembentukan karakter dengan motivasi diri pengurus OSIS di SMA Negeri se Kota Tuban. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif model regresi ganda. Variabel pada penelitian ini adalah kemampuan berorgnisasi pembentukan karakter dan motivasi diri pengurus OSIS. Populasi pada penelitian ini yaitu sebanyak 191 pengurus OSIS yang kemudian dilakukan teknik proporsional random sampling dengan rumus dari Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 129 responden. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket yang selanjutnya dianalisis menggunakan regresi ganda. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu (1) tingkat kemampuan berorganisasi pengurus OSIS di SMA Negeri se Kota Tuban berada pada kategori sedang (2) tingkat implementasi pembentukan karakter pengurus OSIS di SMA Negeri se Kota Tuban berada pada kategori sedang (3) jenis faktor pendorong motivasi diri pengurus OSIS di SMA Negeri se Kota Tuban yaitu faktor motivator (intrinsik) (4) terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara variabel kemampuan berorganisasi dengan motivasi diri pengurus OSIS dalam kategori sedang/cukup (5) terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara variabel pembentukan karakter dengan motivasi diri pengurus OSIS pada kategori kuat dan (6) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berorganisasi dan pembentukan karakter dengan motivasi diri pengurus OSIS SMA Negeri se Kota Tuban pada kategori kuat. Berdasarkan kesimpulan saran yang diberikan yaitu (1) bagi kepala sekolah SMA Negeri se Kota Tuban dapat meningkatkan kualitas pembina OSIS dengan memberikan pelatihan kepemimpinan kepada pembina OSIS (2) bagi pembina OSIS melakukan pelatihan pengembangan keorganisasian atau upgrading serta melakukan diskusi/kunjungan ke OSIS sekolah lain (3) untuk pengurus OSIS SMA Negeri se Kota Tuban selalu memaksimalkan faktor pendorong dalam berorgnisasi yang dapat menumbuhkan motivasi diri dalam meningkatkan kemampuan berorganisasi. Serta pengurus OSIS harus senantiasa berlatih jujur atau menanamkan karakter kejujuran pada setiap kegiatan dan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya (4) bagi mahasiswa AP dapat mengikuti organisasi yang ada di lingkungan pergurun tinggi agar memperoleh kemampuan berorganisasi dan membentuk karakter sehingga motivasi diri juga meningkat. Sedangkan untuk mahasiswa Administrasi Pendidikan yang sedang mengikuti organisasi diharapkan untuk selalu meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berorganisasi dalam manajemen waktu manajemen prioritas dan berkomunikasi dengan baik yang dimiliki serta memperhatikan faktor pendorong dalam berorganisasi (5) bagi peneliti lain melakukan pengembangan penelitian dengan variabel yang berbeda atau melakukan penelitian serupa dengan lokasi dan jenjang sekolah yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68678

Actions (login required)

View Item View Item