Manajemen pemasaran lulusan sebagai upaya mempercepat penyerapan lulusan dalam dunia kerja (studi kasus di SMK PGRI 3 Kota Malang) / Dinar Ika Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pemasaran lulusan sebagai upaya mempercepat penyerapan lulusan dalam dunia kerja (studi kasus di SMK PGRI 3 Kota Malang) / Dinar Ika Safitri

Safitri, Dinar Ika (2019) Manajemen pemasaran lulusan sebagai upaya mempercepat penyerapan lulusan dalam dunia kerja (studi kasus di SMK PGRI 3 Kota Malang) / Dinar Ika Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Safitri Dinar Ika. 2019. Manajemen Pemasaran Lulusan sebagai Upaya Mempercepat Penyerapan Lulusan dalam Dunia Kerja (Studi Kasus di SMK PGRI 3 Kota Malang). Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Maisyaroh M.Pd (II) Ahmad Nurabadi M.Pd. Kata Kunci Manajemen Pemasaran Lulusan Penyerapan Lulusan. Manajemen pemasaran lulusan di SMK PGRI 3 Kota Malang memiliki berbagai strategi sehingga dapat bekerjasama dengan ratusan mitra kerja atau perusahaan baik untuk penempatan prakerin dan penyaluran tenaga kerja. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan sekolah yang menciptakan peserta didiknya untuk siap bekerja. Strategi yang dilakukan diantaranya adalah melakukan rekrutmen kerja sedini mungkin sehingga pada saat peserta didik belum lulus mereka sudah memperoleh pekerjaan. Pihak yang sangat berpengaruh terhadap pemasaran lulusan adalah Bidang Kerjasama Industri (BKI). Tim BKI berusaha semaksimal mungkin agar calon lulusan atau lulusannya memperoleh pekerjaan sebelum habis masa pantauan dari BKI sehingga angka keterserapan tenaga kerja di sekolah menjadi tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pemasaran lulusan sebagai upaya mempercepat menyerapan lulusan dalam dunia kerja pengorganisasian pemasaran lulusan sebagai upaya mempercepat penyerapan lulusan dalam dunia kerja pelaksanaan pemasaran lulusan sebagai upaya mempercepat penyerapan lulusan dalam dunia kerja evaluasi pemasaran lulusan sebagai upaya mempercepat penyerapan lulusan dalam dunia kerja dan faktor- faktor yang mendukung dan menghambat pemasaran lulusan. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan kecukupan referensi. Berdasarkan hasil paparan data terdapat lima temuan penelitian sebagai berikut. Pertama perencanaan pemasaran lulusan sebagai upaya mempercepat penyerapan lulusan dalam dunia kerja di SMK PGRI 3 Kota Malang adalah mengklasifikasikan peserta didik setelah lulus sekolah yaitu bekerja kuliah masuk TNI/Polri dan berwirausaha pelatihan soft skill siswa dan pembekalan dan melakukan promosi kepada perusahaan yang bekerjasama dengan sekolah. Kedua pengorganisasian pemasaran lulusan sebagai upaya mempercepat penyerapan lulusan dalam dunia kerja di SMK PGRI 3 Kota Malang meliputi kepala sekolah sebagai penanggungjawab tim BKI dibantu oleh kepala bidang per jurusan dan guru wali. Ketiga pelaksanaan pemasaran lulusan sebagai upaya mempercepat penyerapan lulusan dalam dunia kerja di SMK PGRI 3 Kota Malang adalah membuat kelas- kelas industri melakukan rekrutmen kerja dan rekrutmen kerja setelah prakerin. Keempat evaluasi pemasaran lulusan sebagai upaya mempercepat penyerapan lulusan dalam dunia kerja di SMK PGRI 3 Kota Malang adalah melakukan penelusuran lulusan dan memberikan informasi lowongan pekerjaan kepada alumni. Kelima faktor yang mendukung dan menghambat pemasaran lulusan di SMK PGRI 3 Kota Malang. Faktor yang mendukung pemasaran lulusan adalah lulusan yang kompeten tidak ada patokan harga promosi yang dilakukan dengan baik penyaluran lulusan yang efektif dan efisien SDM yang bertanggungjawab dengan tugasnya menjalin hubungan baik dengan mitra kerja proses pemasaran lulusan sesuai tujuan dan memberikan layanan prima kepada mitra kerja. Sedangkan untuk faktor yang menghambat pemasaran lulusan adalah orangtua peserta didik meminta agar anaknya tidak ditempatkan atau dicarikan kerja yang jauh. Solusinya adalah dengan mendatangkan orangtua ke sekolah untuk diberi pengertian dan arahan serta sedikit menekan orangtua apabila masih menolak. Berdasarakan hasil penelitian ini maka disarankan kepada Kepala SMK PGRI 3 Kota Malang semakin meningkatkan jumlah peserta didik yang memperoleh pekerjaan sebelum mereka lulus sehingga target yang telah ditetapkan akan tercapai dengan cara menjalin semakin banyak mitra kerja peluang peserta didik dalam melakukan rekrutmen kerja akan semakin terbuka Unit Kerja BKI SMK PGRI 3 Kota Malang mempertahankan hubungan yang baik dengan orangtua peserta didik dan orangtua alumni sehingga jika terjadi kesalahpahaman dapat diberi pengertian dan arahan Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya mengembangkan ilmu pengetahuan mengenai pemasaran lulusan di dalam manajemen hubungan masyarakat dan peneliti lain dapat dijadikan bahan referensi atau rujukan untuk penelitan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68677

Actions (login required)

View Item View Item