Hubungan implementasi gerakan penguatan pendidikan karakter dan perilaku mengajar guru dengan pembentukan karakter peserta didik di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Klojen / Su'aibatul Islamiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan implementasi gerakan penguatan pendidikan karakter dan perilaku mengajar guru dengan pembentukan karakter peserta didik di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Klojen / Su'aibatul Islamiyah

Islamiyah, Su'aibatul (2019) Hubungan implementasi gerakan penguatan pendidikan karakter dan perilaku mengajar guru dengan pembentukan karakter peserta didik di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Klojen / Su'aibatul Islamiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Islamiyah Su aibatul. 2019. Hubungan Implementasi Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter dan Perilaku Mengajar Guru dengan Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Klojen. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos M.Pd (II) Wildan Zulkarnain S. Pd M. Pd. kata kunci implementasi gerakan penguatan pendidikan karakter (PPK) perilaku mengajar guru pembentukan karakter peserta didik Karakter dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Pembentukan karakter merupakan usaha untuk menanamkan pengetahuan tentang hal baik kepada seseorang kemudian seseorang tersebut menginginkan hal yang baik dan mau melakukan kebaikan tersebut. Nilai karakter utama yang dikembangkan dalam gerakan penguatan pendidikan karakter meliputi religius nasionalisme integritas mandiri dan gotong-royong. Gerakan penguatan pendidikan karakter bukanlah sebuah proses pembelajaran tentang menghafal materi soal ujian ataupun teknik-teknik menjawabnya. Melainkan pendidikan karakter ini adalah proses pembiasaan pembiasaan berbuat baik. Perilaku mengajar guru merupakan tingkah laku guru dalam mengatur proses pembelajaran dengan baik dan menciptakan interaksi di dalam proses pembelajaran. Karakter peserta didik perlu dibangun sejak usia dini melalui pembiasaan dan memerlukan contoh yang bisa didapatkan dari perilaku mengajar seorang guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) tingkat implementasi gerakan penguatan pendidikan karakter di SDN se-Kecamatan Klojen (2) tingkat perilaku mengajar guru di SDN se-Kecamatan Klojen (3) tingkat pembentukan karakter peserta didik di SDN se-Kecamatan Klojen (4) hubungan implementasi gerakan penguatan pendidikan karakter dan perilaku mengajar guru dengan pembentukan karakter peserta didik di SDN se-Kecamatan Klojen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif rancangan regresi linier berganda. Peneliti menggunakan sampel sejumlah 127 guru dari populasi 187 guru dengan lokasi penelitian di SD Negeri se-Kecamatan Klojen. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yakni berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik deskriptif dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui (1) tingkat implementasi gerakan PPK dalam pembentukan karakter peserta didik di SD Negeri se-Kecamatan Klojen masuk dalam kategori tinggi (2) tingkat perilaku mengajar guru dalam pembentukan karakter peserta didik di SD Negeri se-Kecamatan Klojen masuk dalam kategori sangat tinggi (3) tingkat pembentukan karakter peserta didik di SD Negeri se-Kecamatan Klojen masuk dalam kategori tinggi (4) secara simultan variabel implementasi gerakan PPK dan perilaku mengajar guru ada hubungan yang positif dengan pembentukan karakter peserta didik di SD Negeri se-Kecamatan Klojen. Saran dalam penelitian ini yaitu (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang mempertahankan tingkat perilaku mengajar guru dan meningkatkan upaya dalam pembentukan karakter peserta didik dengan pelatihan atau seminar untuk guru terkait implementasi gerakan PPK (2) Kepala SD Negeri Kecamatan Klojen melakukan evaluasi terhadap implementasi gerakan PPK yang telah dilaksanakan di sekolah juga melakukan supervisi kepada guru (3) Guru SD Negeri Kecamatan Klojen guru diharapkan tidak hanya mengutamakan kemampuan peserta didik dalam membaca menulis dan berhitung tetapi juga memperhatikan peserta didik agar dapat berpikir kritis kreatif inovatif dan mampu membangun karakter peserta didik (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan sebagai bahan perkuliahan mahasisiwa Administrasi Pendidikan sehingga mahasiswa Administrasi Pendidikan dapat memperdalam ilmu terkait dengan hubungan implementasi program PPK dan perilaku mengajar guru dengan pembentukan karakter peserta didik di SD Negeri (5) Mahasiswa Administrasi Pendidikan sebagai referensi bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian terkait tema yang sama dengan variabel yang berbeda yaitu faktor intern pembentukan karakter yang meliputi insting adat atau kebiasaan kemauan suara hati dan keturunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68675

Actions (login required)

View Item View Item