Pengelolaan sudut baca kelas pada jenjang sekolah dasar untuk meningkatkan minat baca peserta didik (studi kasus di SDN Lesanpuro 1 Kota Malang) / Indah Puspitasari

Puspitasari, Indah (2019) Pengelolaan sudut baca kelas pada jenjang sekolah dasar untuk meningkatkan minat baca peserta didik (studi kasus di SDN Lesanpuro 1 Kota Malang) / Indah Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Puspitasari, Indah. 2019. Pengelolaan Sudut Baca Kelas pada Jenjang Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik (Studi Kasus di SDN Lesanpuro 1 Kota Malang). Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ali Imron, M.Pd., M.Si., dan (II) Dr. Juharyanto, M.M., M.Pd. Kata Kunci: pengelolaan, sudut baca, minat baca Salah satu tolok ukur keberhasilan peserta didik dalam melaksanakan pendidikan adalah hasil belajar. Hasil belajar tersebut didapat peserta didik melalui berbagai cara untuk dapat memahami materi atau bahan pelajaran yang diberikan oleh guru. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membaca. Namun, minat baca masyarakat Indonesia terbilang rendah yaitu hanya sebesar 0,001%. Artinya, dari 1000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca. Oleh karena itu, pemerintah menerapkan program sudut baca di sekolah sebagai upaya untuk lebih memperkenalkan budaya membaca kepada peserta didik. Manfaat membaca adalah menambah pengetahuan, dengan pengetahuan yang luas maka akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan perencanaan sudut baca di SDN 1 Lesanpuro Kedungkandang Kota Malang, (2) mendeskripsikan pengorganisasian sudut baca di SDN 1 Lesanpuro Kedungkandang Kota Malang, (3) mendeskripsikan pelaksanaan sudut baca di SDN 1 Lesanpuro Kedungkandang Kota Malang, (4) mendeskripsikan pengawasan sudut baca di SDN 1 Lesanpuro Kedungkandang Kota Malang, (5) mendeskripsikan pengembangan sudut baca sehingga dapat meningkatkan minat baca peserta didik, (6) mendeskripsikan dampak dari adanya sudut baca di SDN 1 Lesanpuro Kota Malang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan menggambarkan dan mendeskripsikan karakteristik suatu fenomena. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan beberapa teknik, yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan peneliti adalah model Milles dan Huberman yang terdiri atas data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Kemudian melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi, pengecekan anggota, perpanjangan waktu pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan kecukupan bahan referensi. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, simpulan penelitian ini adalah: (1) perencanaan yang dilakukan adalah dengan melaksanakan rapat yang meliputi sarana prasarana dan program pembiasaan, pengadaan barang-barang yang dibutuhkan melalui bendahara sekolah, dan penataan prasarana ke tempat yang sudah ditentukan; (2) pengorganisasian dilakukan dengan mendelegasikan tugas kepada anggota yang sudah tertulis pada struktur organisasi; (3) pelaksanaan sudut baca meliputi kegiatan membaca senyap, menceritakan kembali ringkasan cerita pada buku yang sudah dibaca, dan menulis kebaikan setiap hari rabu; (4) Beberapa hal yang menjadi bahan evaluasi program sudut baca yaitu bahan bacaan yang kurang, minat baca siswa, memaksimalkan waktu untuk mengunjungi sudut baca, ketertiban siswa saat berada di sudut baca; (5) Stratgei dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan orang tua siswa dan Perpustakaan Umum Kota Malang; (6) Dampak kegiatan sudut baca adalah mengembangkan 4 aspek bahasa yang dimiliki siswa yaitu membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan Berdasarkan simpulan tersebut, maka disarankan kepada: (1) Guru, diharapkan dapat meningkatkan intensitas kegiatan membaca pada saat pembelajaran serta dapat membina siswa agar lebih tertib dan menanamkan rasa ikut memiliki terhadap fasilitas sekolah; (2) Kepala Sekolah SDN Lesanpuro 1 Kota Malang, diharapkan dapat menambah bahan bacaan, melakukan lebih banyak kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait, menambah intensitas kegiatan membaca senyap agar siswa lebih terbiasa dengan kegiatan membaca; (3) Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan Kepala Dinas Pendidikan sebagai bahan untuk membuat kebijakan mengenai pengelolaan kegiatan sudut baca dan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas kegiatan sudut baca; (4) Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi bahan kajian pengembangan ilmu manajemen pendidikan dan memperdalam kajian tentang pengelolaan sudut baca; dan (5) Peneliti Lain, penelitian ini dapat dijadikan referensi tambahan ketika melakukan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68674

Actions (login required)

View Item View Item