Pemaknaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru (studi kasus di SD Anak Saleh Malang) / Krisna Irhad Firdaus

Firdaus, Krisna Irhad (2019) Pemaknaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru (studi kasus di SD Anak Saleh Malang) / Krisna Irhad Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

AABSTRAK Firdaus, Krisna Irhad. 2019. Pemaknaan Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SD Anak Saleh Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Achmad Supriyanto, M,Pd, M.Si, (II) Imam Gunawan, M.Pd. Kata Kunci: Pemaknaan, Supervisi, Pembinaan Profesional, Kepala Sekolah. Supervisi adalah nama dari sebuah paradigma baru yang dewasa ini memang harus dipegang oleh para pemangku pedidikan. Karena banyak diketahui bahwa supervisi masi belum dapat terlaksana dengan baik. Namun juga ada instansi atau sekolah yang sudah melaksanakan supervisinya dengan sangat baik. Beberapa pemangku pendidikan masih berpandangan bahwa supervisi adalah sebuah inspeksi yang dilakukan untuk memastikan bagaimana kinerja para guru maupun staf. Fokus penelitian yaitu; (1) pemaknaan supervisi kepala sekolah di SD Anak Saleh; (2) pembinaan profesional di SD Anak Saleh; (3) faktor penghambat pelaksanaan supervisi dan pembinaan profesional, (4) faktor pendukung pelaksanaan supervisi dan pembinaan profesional, (5) indikator keberhasilan pelaksanaan supervisi dan pembinaan profesional Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus, dan peneliti sebagai pengumpul data. Pengumpulan data dilakukan dengan tenik wawancara, observasi dan, dokumentasi. Analisis data di lakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi data. Teknik pengecekkan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah derajat kepercayaan (credibility), derajat keteralihan (transferability), derajat ketergantungan (dependability), dan derajat kepastian (confirmability). Kesimpulan dari penelitian ini adalah; (1) pemaknaan supervisi kepala sekolah di SD Anak Saleh dimaknai oleh para pelaksana dan penerima supervisi seperti; (a) bentuk bantuan dari kepala sekolah untuk guru guna meningkatkan profesionalisme guru, (b) tugas pokok dan fungsi vital dari kepala sekolah beserta jajarannya untuk memotivaasi, mendampingi, memotivasi dan mengoreksi, (c) bentuk usaha mengetahui kekurangan dan kelebihan guru untuk menentukan tindak lanjut yang berikutnya, (d) pemberian pembelajaran baru kepada guru agar guru menjadi lebih profesional, (2) pembinaan profesional adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat berasal dari internal maupun eksternal. Kegiatan pembinaan profesional yang berasal dari internal SD Anak Saleh adalah kegiatan teacher’s day yaitu kegiatan khusus setiap hari sabtu yang diperuntukkan untuk guru yang bertujuan meningkatkan profesionalisme guru. Sedangkan pembinaan profesional dari eksternal adalah kegiatan kelas kerja, seminar dan lain-lain dengan tujuan yang sama yaitu peningkatan profesional guru, (3) faktor penghambat supervisi dan pembinaan profesional. Faktor penghambat adalah segala hal yang dapat menghambat pelaksanaan dari suatu kegiatan, dalam hal ini adalah supervisi dan pembinaan profesional. Faktor penghambat pelaksanaan supervisi di SD Anak Saleh ada dua macam, yang pertama adalah faktor dari pribadi, dan yang kedua adalah faktor ketersediaan waktu, (4) faktor pendukung pelaksanaan supervisi dan pembinaan profesional. Faktor Pendukung adalah segala hal yang dapat mendukung pelaksanaan dari supervisi dan pembinaan profesional. Faktor-faktor ini dapat membuat pelaksanaan menjadi berhasil dan berjalan lebih lancar dan sesuai dengan tujuan pelaksanaannya yang dalam hal ini adala supervisi dan pembinaan profesional. Ada dua macam faktor pendukung, yang pertama adalah fakor pendukung internal dan yang kedua adalah faktor pendukung eksternal, (5) indikator keberhasilan pelaksanaan supervisi dan pembinaan profesional adalah suatu tolak ukur yang menentukan apakah suatu program dikatakan berhasil atau tidak berhasil. Indikator keberhasilan pelaksanaan supervisi dan pembinaan profesional di SD Anak Saleh adalah ketika tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut tercapai. Saran yang diberikan peneliti berdasarkan hasil penelitian yaitu; (1) bagi kepala sekolah SD Anak Saleh Malang. Kepala sekolah perlu menyediakan waktunya lebih banyak dan memusatkan perhatiannya di sekolah, mengingat fungsi vital dari kepala sekolah salah satunya adalah pengawas dan supervisor sehingga kehadiran sosok kepala sekolah akan sangat mempengaruhi jalannya proses pembelajaran di sekolah, (2) bagi wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan kesiswaan. Wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan kesiswaan sebagai pembantu pelaksana kegiatan supervisi dan pembinaan profesional yang dilakukan oleh kepala sekolah, maka disarankan untuk memperhatikan perihal penjadwalan sehingga tidak terjadi kegagalan jadwal karena hal-hal yang mendesak dan agar seluruh guru merata mendapatkan supervisi dan pembinaan profesional, (3) bagi guru SD Anak Saleh. Guru sebagai penerima supervisi dan pembinaan profesional disarankan untuk memanfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin dengan tujuan untuk mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih profesional dan lebih mendalami diri dan tugasnya sebagai pendidik yang baik, (4) bagi peneliti lain. Peneliti menemukan bahwa pemaknaan tentang supervisi kepala sekolah berpengaruh terhadap profesionalisme dan keberhasilan kegiatan supervisi itu sendiri. Maka dari itu disarankan untuk peneliti lain agar dapat menindaklanjuti penelitian ini lebih dalam baik dengan metode yang sama yaitu kualitatif atau dengan metode yang berbeda yaitu kuantitatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68672

Actions (login required)

View Item View Item