Pengaruh kepala sekolah sebagai motivator terhadap komitmen kerja guru di SD Negeri se Kota Malang / Nur Iksan

Iksan, Nur (2019) Pengaruh kepala sekolah sebagai motivator terhadap komitmen kerja guru di SD Negeri se Kota Malang / Nur Iksan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Iksan, Nur. 2019. Pengaruh Kepala Sekolah Sebagai Motivator Terhadap Komitmen Kerja Guru di SD Negeri se-Kota Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Burhanuddin, M.Ed, Ph.D, (II) Dr. Hj. Maisyaroh, M.Pd. Kata kunci: motivator, komitmen kerja guru Keberhasilan kepala sekolah dalam memimpin organisasi sekolah tidak lepas dari usaha memotivasi para guru, karyawan, siswa, dan anggota masyarakat lainnya agar mereka bersedia berpartisipasi secara suka rela dalam mewujudkan pembelajaran yang berkualitas di sekolah secara maksimal. Pengaruh fungsi kepala sekolah berpengaruh positif terhadap tingkat komitmen guru meliputi prestasi kerja, kedisiplinan, dan kualitas hasil pekerjaan. Guru yang komitmen terhadap produktivitas pekerjaannya berdampak positif terhadap peningkatan mutu pembelajaran di sekolah. Sebaliknya guru yang tidak memiliki komitmen kerja yang tinggi maka tidak mampu mencapai kepuasan psikologis dan sosial. Perilaku demikian cenderung negatif dan kurang bersemangat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai pendidik. K sekolah memiliki fungsi sebagai motivator dalam memimpin para guru berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran di dalam organisasi sekolah. Guru yang memiliki komitmen kerja tinggi berpengaruh signifikan terhadap mutu pembelajaran. Disamping itu kepala sekolah dan guru memiliki fungsi strategis terhadap keberhasilan organisasi sekolah. Dilihat dari fungsi kepala sekolah sebagai motivator berpengaruh terhadap komitmen kerja guru. Tujuan penelitian ini meliputi (1) mendeskripsikan fungsi kepala sekolah sebagai motivator dalam memimpin para guru apakah sudah sesuai dengan fungsinya di SD Negeri se-Kota Malang, (2) mendeskripsikan tingkat komitmen kerja guru di SD Negeri se-Kota Malang, dan (3) mendeskripsikan pengaruh fungsi kepala sekolah sebagai motivator terhadap komitmen kerja guru di SD Negeri se-Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif teknik analisis data deskriptif korelasi. Jumlah populasi sebanyak 3953 orang guru dari 193 SD Negeri se- Kota Malang di ambil dengan menggunakan teknik area random sampling diperoleh sampel penelitian sejumlah 98 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Analisis data yang digunakan berupa teknik analisis regresi sederhana kemudian diolah menggunakan program IBM SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) fungsi kepala sekolah sebagai motivator; sebanyak 0 responden di kategorikan sangat rendah dengan persentase 0% rentang interval kelas 25-43. Sebanyak 3 responden di kategorikan rendah dengan persentase 3% rentang interval kelas 44-62. Sebanyak 43 responden di kategorikan tinggi dengan persentase 19,9% rentang interval kelas 76-88. Sebanyak 76 responden di kategorikan sangat tinggi dengan persentase 77,1% rentang interval kelas 82-100. (2) komitmen kerja guru; sebanyak 0 responden di kategorikan sangat rendah dengan persentase 0% rentang nilai interval 14-25. Sebanyak 4 responden di kategorikan rendah dengan persentase 4% rentang interval kelas 41-48. Sebanyak 38 responden di kategorikan tinggi dengan persentase 38,2% rentang interval kelas 47-54. Sebanyak 56 responden di kategorikan sangat tinggi dengan persentase 57,8% rentang interval kelas 50-61. (3) ada pengaruh antara fungsi kepala sekolah sebagai motivator terhadap komitmen kerja guru di SD Negeri se-Kota Malang. Saran yang ingin disampaikan oleh peneliti, antara lain: (1) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Malang untuk memberikan bimbingan dan pelatihan secara rutin dan berkelanjutan kepada kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya agar proses pembelajaran di organisasi sekolah berjalan secara maksimal. (2) Kepala sekolah di SD Negeri se-Kota Malang agar selalu meningkatkan kemampuan sebagai pemimpin para guru dalam beberapa hal, meliputi: peningkatan pembelajaran, interaksi sosial, mengelola administrasi sekolah, pengawasan terhadap kinerja guru, membimbing guru mencapai tujuan pembelajaran, menggerakkan guru untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara maksimal, berkemampuan untuk mencari, menemukan, dan melaksanakan berbagai pembaharuan. (3) Guru SD Negeri se-Kota Malang agar ikut berpartisipasi secara optimal dalam mengembangkan dan meningkatkan pembelajaran di organisasi sekolah. (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan agar bisa di jadikan sebagai sumber pengambilan pembelajaran secara umum mengenai kepemimpinan kepala sekolah pada struktural organisasi sekolah dan di jadikan referensi pengembangan matakuliah Kepemimpinan Pendidikan dan Manajemen Sumber Daya Manusia. (5) Peneliti lain agar bisa di jadikan rujukan dalam pengambilan studi penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh kepala sekolah sebagai motivator terhadap komitmen kerja guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68671

Actions (login required)

View Item View Item