Pengembangan media pembelajaran interaktif bermuatan multiliterasi materi penyajian data untuk siswa kelas V SD / Achmad Muzakki

Muzakki, Achmad (2018) Pengembangan media pembelajaran interaktif bermuatan multiliterasi materi penyajian data untuk siswa kelas V SD / Achmad Muzakki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muzakki, Achmad. 2018. Pengembangan Media pembelajaran Interaktif Bermuatan Multiliterasi Materi Penyajian Data Untuk Siswa Kelas 5 SD. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Yuniawatika, S.Pd,. M.Pd, (II) Drs. Syaiful Imam, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran interaktif, multiliterasi, penyajian data Proses belajar mengajar akan berjalan maksimal jika didukung berbagai faktor. Guru dituntut aktif dan kreatif dalam menghidupkan suasana di kelas. Hal ini bertujuan untuk membuat peserta didik tertarik mengikuti pembelajaran. Salah satu cara untuk menangani hal tersebut yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran interaktif. Tujuan dari penelitian & pengembangan media pembelajaran interaktif yaitu (1) Menghasilkan media pembelajaran interaktif bermuatan multiliterasi materi penyajian data untuk siswa kelas 5 di Sekolah Dasar Negeri Malang yang valid menurut ahli materi, (2) Menghasilkan media pembelajaran interaktif bermuatan multiliterasi materi penyajian data untuk siswa kelas 5 di Sekolah Dasar Negeri Malang yang valid menurut ahli media atau susunannya, (3) Menghasilkan media pembelajaran interaktif bermuatan multiliterasi materi penyajian data untuk siswa kelas 5 di Sekolah Dasar Negeri Malang yang mudah pengoperasiannya baik oleh guru maupun peserta didik, (4) Menghasilkan media pembelajaran interaktif bermuatan multiliterasi materi penyajian data untuk siswa kelas 5 di Sekolah Dasar Negeri Malang yang menarik bagi peserta didik. Penelitian & Pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Terdapat 5 langkah pada model tersebut yaitu analysis, Design, Development, Implementation, dan evaluation. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu 15 peserta didik dan 1 guru kelas maupun mata pelajaran yang ada di SDN Cemorokandang 2 Malang. Untuk menilai dan memberi masukan pada media pembelajaran interaktif dilakukan validasi yang dilakukan oleh 3 ahli yaitu ahli media, materi, dan pengguna (guru). Jenis data yang digunakan pada penelitian & pengembangan ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui angket yang diberikan kepada para ahli ketika validasi dilakukan. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari observasi pada tahap analisis dan angket terbuka oleh peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa produk media pembelajaran interaktif yang dikembangkan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi, dengan perolehan persentase sebagai berikut. (1) ahli materi sebesar 96 %, (2) ahli media sebesar 95 %, (3) pengguna atau guru sebesar 97,5 %, (4) peserta didik sebesar 95,5 %. Dalam rangka menghasilkan produk media pembelajaran interaktif yang dianggap sempurna, maka dilakukan validasi ulang pada media embelajaran interaktif dan mendapatkan hasil persentase sebesar 100% oleh para ahli. Selain perolehan data persentase tersebut terdapat beberapa komentar positif dari para ahli maupun peserta didik. Dari perolehan data persentase dan komentar dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran interaktif bermuatan multiliterasi materi penyajian data untuk siswa kelas 5 SD merupakan media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik dan sangat valid berdasarkan validasi yang dilakukan oleh para ahli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6867

Actions (login required)

View Item View Item