Persepsi Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) terhadap beban kerja ditinjau dari jenjang pendidikan TAS pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri se-kota Malang / Afifa Lailatul Komariyah

Komariyah, Afifa Lailatul (2019) Persepsi Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) terhadap beban kerja ditinjau dari jenjang pendidikan TAS pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri se-kota Malang / Afifa Lailatul Komariyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lailatul K, Afifa. 2019. Persepsi Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) terhadap Beban Kerja ditinjau dari Jenjang Pendidikan TAS di SMP Negeri se-Kota Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono, M.Pd, (II) Wildan Zulkarnain, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: persepsi, beban kerja, jenjang pendidikan Sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan formal yang didalamnya berlangsung proses pendidikan secara teratur dan bermutu, dimana ikut melibatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan tujuan yang sama yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Pengelolaan SDM yang tepat akan berpengaruh pada segala aktivitas yang berhubungan dengan pencapaian tujuan sekolah. SDM yang dimaksud pada sekolah adalah tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Tenaga kependidikan berperan penting dalam mendukung proses pendidikan, baik dalam hal teknis maupun adminstratif. Hal ini tentu akan sangat membantu bagi kelancaran urusan administrasi peserta didik maupun sekolah. Tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu (1) medeskripsikan tingkat persepsi TAS terhadap beban kerja yang ada di SMP Negeri se-Kota Malang; (2) menemukan perbedaan persepsi TAS terhadap beban kerja ditinjau dari jenjang pendidikan yang ada di SMP Negeri se-Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-komparatif dengan variabel tunggal persepsi. Populasi penelitian berjumlah 393 orang yang terdiri dari Kepala TAS, Pelaksana Urusan Administrasi, dan Petugas Layanan Khusus. Jumlah sampel sebanyak 196, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Proporsional Random Sampling dengan instrumen penelitian kuesioner menggunakan skala likert dengan 4 rentang jawaban. Teknik analisis yang dipilih ialah deskriptif dan komparatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.00 for windows. Kesimpulan penelitian ini yaitu: (1) persepsi TAS terhadap beban kerja berada pada kategori yang cukup tinggi; (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara persepsi TAS terhadap beban kerja ditinjau dari jenjang pendidikan TAS di SMP Negeri se-Kota Malang. Berdasarkan hasil tersebut, maka saran yang dapat diberikan oleh peneliti antara lain, yaitu (1) Bagi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, dengan adanya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebuah gambaran dalam penilaian persepsi dan kinerja TAS yang ada pada masing-masing SMP Negeri di Kota Malang sesuai dengan bidang kerja pegawai yang terdiri dari Kepala TAS, Pelaksana Urusan Administrasi, dan Petugas Layanan Khusus; (2) Bagi Kepala SMP Negeri se-Kota Malang, hasil temuan ini diharapkan dapat membantu kepala sekolah untuk mengetahui kebutuhan dan penilaian TAS terhadap beban kerja yang diemban sehingga dapat terus melakukan perbaikan demi meningkatkan kualitas kinerja TAS; (3) Bagi Tenaga Administrasi Sekolah (TAS), hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai langkah untuk lebih mengoptimalkan kinerja berdasarkan beban kerja sesuai dengan ketentuan yang ada; (4) Bagi Jurusan Administrasi Pendidikan, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan bahan pustaka dan melengkapi informasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan; (5) Bagi peneliti lain apabila ingin melakukan penelitian yang sejenis, sebaiknya lebih dikembangkan lagi dengan subjek yang lebih luas dengan menambahkan sekolah swasta dan cakupan jenis pendidikan yang telah ditempuh oleh TAS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68669

Actions (login required)

View Item View Item