Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan praktik kerja lapangan unit bisnis center terhadap minat berwirausaha kelas XI Jurusan OTKP (otomatisasi tata kelola perkantoran) dan akuntansi SMK Negeri 2 Kediri / Dita Putri Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan praktik kerja lapangan unit bisnis center terhadap minat berwirausaha kelas XI Jurusan OTKP (otomatisasi tata kelola perkantoran) dan akuntansi SMK Negeri 2 Kediri / Dita Putri Cahyani

Cahyani, Dita Putri (2020) Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan praktik kerja lapangan unit bisnis center terhadap minat berwirausaha kelas XI Jurusan OTKP (otomatisasi tata kelola perkantoran) dan akuntansi SMK Negeri 2 Kediri / Dita Putri Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Cahyani Dita Putri. 2019. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Praktik Kerja Lapangan Unit Bisnis Center terhadap Minat Berwirausaha Kelas XI Jurusan OTKP (Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran) dan Akuntansi SMK Negeri 2 Kediri. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (II) Dra. Djum Djum Noor Benty M.Pd. Kata Kunci pendidikan kewirausahaan praktik kerja lapangan minat berwirausaha Pendidikan kewirausahaan merupakan salah satu program yang dibuat pemerintah dan bekerja sama dengan sekolah dalam upaya menciptakan generasi yang berkualitas cerdas dan memiliki keahlian berwirausaha. Dalam hal ini SMK Negeri 2 Kediri senantiasa mendukung siswa atau peserta didik untuk berwirausaha melalui pembelajaran kewirausahaan di sekolah dan praktik kerja lapangan di unit bisnis center yang bertujuan memberikan pengetahuan kewirausahaan dan menumbuhkan minat berwirausaha peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi variabel tentang (a) pendidikan kewirausahaan (b) praktik kerja lapangan Unit Bisnis Center dan (c) minat berwirausaha (2) adanya pengaruh positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha (3) adanya pengaruh positif dan signifikan praktik kerja lapangan di unit bisnis center terhadap minat berwirausaha (4) serta adanya pengaruh positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan dan praktik kerja lapangan unit bisnis center terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif dan uji hipotesis. Populasi dan sampel penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) yang terdiri dari 4 kelas dan Kelas XI Akuntansi yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 214. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan antara pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI OTKP dan Akuntansi. Dengan diketahui bahwa nilai t hitung t tabel dan nilai sig 0 05 (nilai t hitung (6 325) t tabel (1 971) dengan nilai sig 0 000 0 05). Adanya pengaruh positif yang signifikan antara praktik kerja lapangan unit bisnis center terhadap minat berwirausaha dapat diketahui bahwa nilai t hitung (3 442) t tabel (1 971) dengan nilai sig 0 001 0 05. Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan dan praktik kerja lapangan di unit bisnis center terhadap minat berwirausaha ditunjukkan dengan bahwa F hitung 50 904 dan f tabel 3 03 yang mana f hitung f tabel(50 904 3 03). Serta hasil signifikansi sebesar 0 000 0 05. Simpulan penelitian ini (1) deskripsi variabel (a) variabel pendidikan kewirausahaan (X1) memiliki kriteria baik hal ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan yang diajarkan di sekolah sangat mempengaruhi peserta didik untuk mengembangkan kompetensi dan potensi diri dalam dunia kewirausahaan (b) variabel praktik kerja lapangan Unit Bisnis Center (X2) memiliki kriteria baik Hal ini menunjukkan pelaksanaan PKL unit bisnis center memiliki dampak yang cukup baik bagi peserta didik kelas XI OTKP dan Akuntansi dalam dunia kewirausahaan dan (c) variabel minat berwirausaha (Y) memiliki kriteria tinggi dilihat dari hasil angket yang diberikan rata rata peserta didik menjawab dengan alternatif jawaban sangat setuju dan setuju hal tersebut menunjukkan bahwa peserta didik Kelas XI OTKP dan Akuntansi memiliki minat berwirausaha yang tinggi (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan praktik kerja lapangan unit bisnis center terhadap minat berwirausaha dan (4) adanya pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara pendidikan kewirausahaan dan praktik kerja lapangan unit bisnis center terhadap minat berwirausaha. Berdasarkan simpulan penelitian yang dihasilkan oleh penulis disarankan kepada (1) bagi Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Kediri diharapkan dapat memberikan referensi untuk lebih mengembangkan lagi Unit Bisnis Center menjadi lebih maju dan memperbaiki fasilitas yang ada di Bisnis Center Agar selalu mendukung peserta didik yang ingin memulai berwirausaha dan berupaya untuk memfasilitasi peserta didik yang ingin memulai berwirausaha terutama di lingkungan sekolah (2) bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Diharapkan sebagai bahan masukan dan gambaran mengenai pendidikan kewirausahaan dan praktik kerja lapangan unit bisnis center terhadap minat berwirausaha. Serta sebagai alat dan pedoman untuk penelitian lebih mendalam mengenai pendidikan kewirausahaan dan praktik kerja lapangan Unit Bisnis Center (3) bagi guru di SMK Negeri 2 Kediri diharapkan penelitian ini digunakan sebagai referensi untuk mengembangkan dan memperbaiki pembelajaran di bidang kewirausahaan dan memotivasi peserta didik untuk berwirausaha melalui kegiatan praktik langsung maupun mengajak peserta didik untuk melakukan kunjungan industri serta memperkenalkan dunia kewirausahaan kepada peserta didik (4) Bagi Peserta didik SMK Negeri 2 Kediri diharapkan terus mengasah kemampuan berwirausaha dan mencoba untuk memulai sebuah usaha serta terus belajar mengenai kewirausahaan baik dari pembelajaran di sekolah dan maupun kegiatan di luar sekolah dan (5) bagi peneliti lain penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi dan bahan rujukan. Khususnya bagi peneliti yang ingin mengambil topik dan variabel yang masih berkaitan dengan minat berwirausaha. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lebih mendalam mengenai minat berwirausaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:29
Last Modified: 19 Dec 2022 01:31
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68666

Actions (login required)

View Item View Item