Perpustakaan sebagai pusat sumber belajar untuk mewujudkan sekolah yang unggul (studi kasus di SMKN 4 Malang) / Bella Sonia Rohmadhani

Rohmadhani, Bella Sonia (2019) Perpustakaan sebagai pusat sumber belajar untuk mewujudkan sekolah yang unggul (studi kasus di SMKN 4 Malang) / Bella Sonia Rohmadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Rohmadhani, Bella. 2019. Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar Untuk Mewujudkan Sekolah Yang Unggul (Studi Kasus di SMKN 4 Malang). Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. A. Yusuf Sobri, S.Sos, M.Pd, (II) Imam Gunawan, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: perpustakaan, pusat sumber belajar, sekolah unggul. Perpustakaan sebagai institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. Perpustakaan sekolah yang menjadi salah satu sumber informasi yang tidak lepas dari kegiatan manajemen dan mempunyai peran penting dalam lembaga pendidikan khususnya sekolah yang menjadi sumber belajar pada proses pembelajaran, maka perpustakaan membutuhkan manajemen yang baik dan profesional. Perpusatakaan berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan, memelihara dan menyebarluaskan informasi, selain itu melalui perpustakaan kita dapat menelusuri informasi yang kita butuhkan. Oleh karena itu perpustakaan dapat dijadikan sebagai salah satu pusat sumber belajar bagi pemakai perpustakaan sebagai penunjang dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi kegiatan proses belajar mengajar melalui pengembangan sistem instruksional. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan proses layanan perpustakaan berdasarkan fungsi perpustakaan; (2) menjelaskan proses layanan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar; dan (3) menjelaskan proses mewujudkan sekolah unggul melalui pelayanan perpustakaan. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menggali informasi secara mendalam terhadap fenomena mengenai perpustakaan. Desain jenis penelitian yang digunakan adalah studi eksplorasi. Dalam model penelitian ini, peneliti berperan sebagai instumen kunci. Subjek penelitian terdiri dari empat orang, yaitu kepala perpustakaan, pustakawan, guru dan siswa. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informasi yang disampaikan oleh subjek penelitian pada saat wawancara, pengamatan dan dokumentasi yang berkaitan dengan perpustakaan. Setelah data tersebut terkumpul kemudian dilakukan pengecekan keabsahan data dengan metode trianggulasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa proses layanan perpustakaan terdiri dari lima fungsi perpustakaan yaitu (1) fungsi edukatif berkaitan fasilitas dan koleksi bahan pustaka yang dimiliki oleh perpustakaan untuk membantu pengguna sebagai bahan pembelajaran; (2) fungsi informatif, dengan adanya koleksi perpustakaan SMK Negeri 4 Malang yang bersifat memberikan informasi seperti buku, selain koleksi untuk bahan ajar juga menyediakan koran, majalah, serta karya karya siswa yang dapat digunakan sebagai referensi siswa; (3) fungsi rekreasi, perpustakaan SMK Negeri 4 Malang menyiapkan berbagai fasilitas untuk menghibur pengunjung agar tidak jenuh berada di perpustakaan seperti bioskop 3D, cafe library, ruang karya seni; (4) fungsi riset atau penelitian, prestasi yang dimiliki oleh perpustakaan menjadikan banyak mahasiswa dari perguruan tinggi (UM/UB) yang sering mengadakan penelitian selain itu siswa dari sekolah vi lain yang melakukan studi banding di perpustakaan SMKN 4 Malang; (5) fungsi tanggung jawab administrasi, pelaporan yang menggunakan data statistik bulanan yang disampaikan kepada masyarakat/pengunjung perpustakaan selain itu, perpustakaan sekolah mempunyai aturan yaitu setiap pengunjung yang ingin meminjam buku di perpustakaan maka diharuskan membawa kartu pelajar. Unsur Perpustakaan yang terdapat dalam perpustakaan SMKN 4 Malang yaitu pustakawan, pengguna, pustaka dan gedung perpustakaan. Sebagai pusat sumber belajar, perpustakaan juga menerapkan lima fungsi yaitu fungsi pengembangan instruksional, fungsi pelayanan media, fungsi produksi, fungsi administrasi, dan fungsi pelatihan, serta menerapkan langkah-langkah pengembangan perpustakaan menjadi pusat sumber belajar antara lain: a) berorientasi pada siswa dengan memberikan pelayanan kepada peserta didik; b) desentralisasi, penempatan sarana dan fasilitas yang dapat digunakan pengguna; c) fungsi Produksi, perpustakaan SMKN 4 Malang memproduksi buku untuk kalangan sendiri untuk jurusan yang membutuhkan; d) program dikembangkan secara terintergrasi dalam proses instruksional dengan penerapan pemberlakuan SOP dan pelatihan untuk pustakawan. Prinsip Pengembangan yang dilakukan Perpustakaan SMKN 4 Malang adalah mencapai tujuan pembelajaran dan memberikan kemudahan bagi penggunanya terutama peserta didik. Untuk mewujudkan sekolah unggul melalui layanan perpustakaan yaitu selalu meningkatkan komponen-komponen perpustakaan dan meningkatkan strategi pengembangan yang lebih baik lagi, maka dampak yang dihasilkan adalah perubahan yang positif yaitu kenyamanan bagi penggunanya dan menambah prestasi perpustakaan tersebut. Berdasarkan kesimpulan dikemukakan saran untuk pihak-pihak terkait yaitu: (1) Kepala SMKN 4 Malang, untuk lebih memperhatikan perpustakaan dengan mengawasi dan mengevaluasi berbagai kekurangan perpustakaan terutama yang berkaitan dengan pengadaan fasilitas yang dibutuhkan oleh pengguna perpustakaan; (2) Kepala Perpustakaan SMKN 4 Malang, Demi peningkatan yang lebih baik lagi jika perlu pihak perpustakaan dapat menyebarkan angket kepada para pengunjung untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh para pengguna; (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan, Lebih mengkaji tentang manajemen perpustakaan sehingga dapat menambah referensi untuk mata kuliah manajemen perpustakaan; (4) Peneliti lain, melanjutkan penelitian di SMKN 4 Malang dengan membahas aspek yang lain seperti manajemen perpustakaan sebagai hasi dari pengelolaan perpustakaan di SMKN 4 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68662

Actions (login required)

View Item View Item