Kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam peningkatan mutu pendidikan (studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Pandanarum Kabupaten Mojokerto) / Dian Tri Wibawani - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam peningkatan mutu pendidikan (studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Pandanarum Kabupaten Mojokerto) / Dian Tri Wibawani

Wibawani, Dian Tri (2019) Kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam peningkatan mutu pendidikan (studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Pandanarum Kabupaten Mojokerto) / Dian Tri Wibawani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wibawani Dian Tri. 2019. Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Perubahan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan(Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Pandanarum Kabupaten Mojokerto). Skripsi JurusanAdminsitrasiPendidikan FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (II)Dra. DjumDjum Noor Benty M.Pd. Kata Kunci kepemimpinan visioner kepala sekolah manajemen perubahan peningkatan mutu pendidikan. Kepala sekolah memiliki tanggung jawab untuk memberi arahan dan bimbingan pada setiap anggota sekolah dalam rangka pencapaian tujuan serta menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah kepala sekolah wajib memenuhi lima dimensi kompetensi yaitu kepribadian manajerial kewirausahaan supervisi dan sosial. Dimensi kompetensi tersebut perlu ada pada diri kepala sekolah agar kepala sekolah dapat berhasil mengarahkan sekolah menuju perubahan pendidikan yang berkualitas. Tujuanpenelitianiniyaitu untuk mengetahui (1) Peran visioner kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri Pandanarum Kabupaten Mojokerto (2) Strategi kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri Pandanarum Kabupaten Mojokerto (3) Inovasi kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri Pandanarum Kabupaten Mojokerto (4) Faktor pendukung kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri Pandanarum Kabupaten Mojokerto (5) Faktor penghambat kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri Pandanarum Kabupaten Mojokerto dan (6) Upaya mengatasi faktor penghambat kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri Pandanarum Kabupaten Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah studi kasus yang memusatkan sasaran pada manusia dan peristiwa. Peneliti memilih studi kasus dikarenakan subjek penelitian yaitu SD Negeri Pandanarum Kabupaten Mojokerto mengalami perubahan secara signifikan selama empat tahun terakhir menjadi sekolah rujukan. Penelitianmengenaikepemimpinandalammanajemenperubahanuntukmeningkatkan mutu pendidikan salahsatunyadapatdicekkeabsahandatanyamenggunakantriangulasimetode dan sumber triangulasi metode yang digunakanyaituwawancara observasi dandokumentasi.Penelitianinimenggunakanbeberapatahapdalamhaliniyaitutahap persiapan tahap pelaksanaandantahap analisis data. Berdasarkanhasiltemuan dan pembahasan dapatdisimpulkan (1) peran visioner kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri Pandanarum Kabupaten Mojokertodapatditunjukkandariperankepala sekolah dengan melakukan pendidikan karakter peningkatan kedisiplinan danpenentu arah kebijakan menuju sekolah dan peningkatankualitaspendidikan (2) strategi kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri Pandanarum Kabupaten Mojokertoyaitudengan (a) identifikasi kasus (b) melakukan wawancara dengan memanggil semua siswa (c) menciptakan hubungan yang baik penuh keakraban sehingga tidak terjadi jurang pemisah antara guru dengan siswa (d) menciptakan suasana yang menimbulkan ke arah penyadaran siswa akan masalah yang dihadapinya (3) Inovasi kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri Pandanarum Kabupaten Mojokerto yaitu (1) relative advantage yaituSD NegeriPandanarumKabupatenMojokertomenerimainovasi yang dibuatolehkepalasekolah karenainovasitersebutdinilaisangatbermanfaat selainpadawargasekolahsendiri inovasitersebutbermanfaatbagimasyarakat di sekitarsekolah (2) compatibility menunjukkantingkatkesesuaianantarainovasidengankondisidanharapanmasyarakat (organisasi) (4) Faktor pendukung kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam peningkatan mutu pendidikan (a) kepemimpinan kepala sekolah sendiri dan (b) sarana prasarana yang ada (5) Faktor penghambat kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam peningkatan mutu pendidikan dari pihak internal yaitu kurangnya pendidikan akademik yang dimiliki oleh guru dan masih kurangnya pemahaman masyarakat terkait dengan upaya peningkatan kualitas pendidikan. Selain itu kekurangan jumlah tenaga guru juga faktor penghambat serta masih kurangnya peran serta masyarakat dalam mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan dan (6) Upaya mengatasi faktor penghambat kepala sekolahyaitu dengan membentuk tim pengembang kurikulum dan standar itu diberikan tanggung jawab sesuai dengan standar itu terutama kita sudah masuk sekolah model. Selanjutnyamelakukan perubahan pengelolaan yang dilakukan seirama dengan tuntutan adanya perubahan dalam peningkatan mutu pendidikan. Selain itu upaya peningkatan peran masyarakat selalu dimaksimalkan sehingga upaya pencapaian pendidikan yang berkualitas dapat diwujudkan. Berdasarkan hasil penelitian maka saran ditujukan kepada (1) Kepala SD Negeri Pandanarum Kabupaten Mojokerto agar melakukan perbaikan mutu pendidikan di sekolah secara terus-menerus (2) Guru SD Negeri Pandanarum Kabupaten Mojokerto agar melakukan perbaikan mutu pendidikan terutama dalam kegiatan pembelajaran (3)Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan menambah jumlah referensi jurusan terkait dengan mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan dan Manajemen Perubahan (4) Peneliti lain sebagai gambaran sehingga dapat melakukan penelitian pada substansi sama tetapi pada tinjauan yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68661

Actions (login required)

View Item View Item