Hubungan keikutsertaan kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri Kabupaten Trenggalek / Messia Luki Kartikasari

Kartikasari, Messia Luki (2019) Hubungan keikutsertaan kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri Kabupaten Trenggalek / Messia Luki Kartikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Kartikasari, Messia Luki. 2019. Hubungan Keikutsertaan Kegiatan Ekstrakurikuler dan Prestasi Belajar Peserta didik di SMP Negeri Kabupaten Trenggalek. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Sultoni, M.Pd. (II) Dr. Raden Bambang Sumarsono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: keikutsertaan kegiatan ekstrakurikuler, prestasi belajar Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang menyangkut ilmu pengetahuan dari perubahan perilaku, keterampilan, dan juga sikap setelah melakukan proses pembelajaran. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan program untuk memenuhi kebutuhan peserta didik diluar jam pelajaran agar tetap melakukan kegiatan yang berpotensi membentuk diri dalam menggali bakat. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut diharapan mampu memberikan tambahan pengetahuan baru sehingga pengalaman belajar peserta didik menjadi lebih baik dan menunjang peserta didik agar berprestasi dengan baik pula. Pada keikutsertaan kegiatan ekstrakurikuler ini diharapkan dapat menjadi pendorong prestasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan: (1) tingkat keikutsertaan kegiatan ekstrakurikuler peserta didik di SMP Negeri Kabupaten Trenggalek; (2) tingkat prestasi belajar peserta didik SMP Negeri Kabupaten Trenggalek; (3) hubungan keikutsertaan kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif rancangan regresi linier sederhana. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik area (cluster) sampling yaitu teknik sampling dengan mengambil wakil dari setiap wilayah yang terdapat dalam populasi tersebut. sampel keikutsertaan kegiatan ekstrkurikuler terdapat 284 peserta didik dari populasi sejumlah 978 peserta didik dengan lokasi penelitian di SMP Negeri Kabupaten Trenggalek. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yakni berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik deskriptif, regresi linier sederhana. Simpulan penelitian ini yaitu: (1) tingkat keikutsertaan kegiatan ekstrakurikuler peserta didik di SMP Negeri Kabupaten Trenggalek dalam kategori sedang; (2) tingkat prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri Kabupaten Trenggalek dalam kategori sedang; (3) secara simultan terdapat hubungan yag positif antara keikutsertaan kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri Kabupaten Trenggalek. Saran penelitian ini yaitu: (1) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Trenggalek, meningkatkan kepedulian terhadap sekolah dalam upaya peningkatan keikutsertaan kegiatan ekstrakurikuler dan juga prestasi belajar peserta didik supaya lebih meningkat; (2) Kepala SMP Negeri Kabupaten Trenggalek, meningkatkan pembinaan keikutsertaan kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi belajar yang sangan bermanfaat bagi peserta didik dalam proses pembelajaran; (3) Guru SMP Negeri Kabupaten Trenggalek, melakukan konseling dalam rangka meningkatkan keikutsertaan kegiatan esktrakurikuler dan peningkatan prestasi vi belajar; (4) Jurusan Administrasi Pendidikan, berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, dan dengan hasil penelitian yang cukup positif, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perkuliahan mahasiswa Administrasi Pendidikan, sehingga mahasiswa dapat memperdalam ilmu terkait dengan hubungan keikutsertaan kegiatan ekstrakurikuler dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri; (5) Peneliti lain, hasil penelitian ini dijadikan sebagai sumber referensi bagi peneliti lain. Penelitian selanjutnya bisa memperdalam penelitian ini dengan mencari faktor lain yang berkaitan tentang keikutsertaan kegiatan ekstrakurikuler misalnya minat, dan motivasi; (6) Peserta didik, peserta didik diharapkan lebih membuka diri terhadap kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan oleh sekolah dan disarankan supaya melakukan bimbingan dengan guru kelas maupun guru Bimbingan dan Konseling (BK) agar memperoleh arahan terhadap minat dan bakat sehingga dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakat peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68660

Actions (login required)

View Item View Item