Peningkatan hasil belajar mencermati gagasan pokok melalui model cooperative integrated reading and composition pada kelas IV SDN 5 Cakul Dongko Kabupaten Trenggalek / Trias Risqi Noviantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar mencermati gagasan pokok melalui model cooperative integrated reading and composition pada kelas IV SDN 5 Cakul Dongko Kabupaten Trenggalek / Trias Risqi Noviantoro

Noviantoro, Trias Risqi (2018) Peningkatan hasil belajar mencermati gagasan pokok melalui model cooperative integrated reading and composition pada kelas IV SDN 5 Cakul Dongko Kabupaten Trenggalek / Trias Risqi Noviantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Noviantoro Trias Risqi. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Mencermati Gagasan Pokok Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Kelas IV SDN 5 Cakul Dongko Kabupaten Trenggalek. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sutansi M.Pd (II) Drs. Rochani S.Pd M.Pd Kata kunci peningkatan hasil belajar mencermati gagasan pokok model cooperative integrated reading and composition Hasil observasi awal yang dilakukan dikelas IV SDN 5 Cakul Dongko Trenggalek diperoleh permasalahan bahwa (1) guru hanya menggunakan metode tanya jawab (2) guru hanya menjelaskan materi lalu memberikan tugas (2) guru tidak menyediakan media pembelajaran (3) guru kurang dalam mengelola kelas dengan baik sehingga banyak siswa ramai di dalam kelas (4) guru tidak melakukan kesimpulan bersama siswa. Hal tersebut menyebabkan rendahnya hasil nilai pada pembelajaran Bahasa Indonesia dari 16 siswa hanya 4 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM ( 8805 75) dengan persentase 25 % kategori kurang sekali. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model CIRC dalam meningkatkan kemampuan mencermati gagasan pokok dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mencermati gagasan pokok melalui model CIRC. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dengan tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model CIRC diterapkan oleh guru dengan sangat baik. Persentase aktivitas guru siklus I mencapai 92% predikat sangat baik dan meningkat sampai siklus II mencapai 100% predikat sangat baik. Persentase aktivitas siswa pada siklus I mencapai 81% predikat baik meningkat pada siklus II mencapai 90 13% predikat sangat baik. Terjadi peningkatan hasil belajar mencermati gagasan pokok meliputi aspek pengetahuan. Persentase pada siklus I sebesar 43 75% dengan predikat perlu bimbingan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 100% dengan pedikat sangat baik. Selain meningkatkan aspek pengetahuan juga meningkatkan aspek sikap dan aspek keterampilan pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model CIRC diterapkan oleh guru dengan sangat baik. Sehingga meningkatan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar mencermati gagasan pokok pada siswa kelas IV SDN 5 Cakul Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Oleh karena itu disarankan guru menerapkan model CIRC dalam pembelajaran mencermati gagasan pokok agar menciptakan kegiatan pembelajaran yang tidak ii membosankan siswa dan juga dapat meningkatkan aktivitas siswa serta hasil nilai siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6866

Actions (login required)

View Item View Item