Pengelolaan usaha mandiri sekolah dalam peningkatan kualitas pendidikan (studi kasus di SMKN 6 Kota Malang) / Angga Kurniawan

Kurniawan, Angga (2019) Pengelolaan usaha mandiri sekolah dalam peningkatan kualitas pendidikan (studi kasus di SMKN 6 Kota Malang) / Angga Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kurniawan, Angga. 2019. Pengelolaan Usaha Mandiri Sekolah dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus di SMKN 6 Kota Malang). Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Maisyaroh, M.Pd., (II) Dra. Djum Djum Noor Benty, M.Pd. Kata Kunci: usaha mandiri sekolah, kualitas pendidikan Usaha memajukan sekolah menjadi sekolah yang berkualitas merupakan salah satu kegiatan yang positif. Untuk melancarkan kegiatan ini tentu dibutuhkan banyak hal yang mampu mendukung kemajuan tersebut. Meningkatkan kualitas pendidik, sarana dan prasarana, serta menambah kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat dapat menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam memajukan sekolah menjadi sekolah yang lebih berkualitas. Dan untuk itu, sekolah membutuhkan banyak dana untuk memperlancar segala usaha dalam memajukan sekolah. Di SMKN 6 Kota Malang, hal tersebut dilakukan dengan cara menciptakan usaha mandiri sekolah. Fokus penelitian ini adalah: (1) apa saja jenis usaha mandiri sekolah di SMKN 6 Kota Malang; (2) bagaimana prosedur pengelolaan usaha mandiri sekolah di SMKN 6 Kota Malang; (3) apa indikator kualitas sekolah jika dilihat dari usaha mandiri sekolah di SMKN 6 Kota Malang; (4) apa yang menjadi faktor penunjang dalam pengelolaan usaha mandiri sekolah di SMKN 6 Kota Malang; (5) apa yang menjadi faktor penghambat dalam pengelolaan usaha mandiri sekolah di SMKN 6 Kota Malang; dan (6) bagaimana solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang terjadi dalam pengelolaan usaha mandiri sekolah di SMKN 6 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SMKN 6 Kota Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk menjawab fokus penelitian adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan keabsahan temuan informasi menggunakan triangulasi, kecukupan bahan referensi, perpanjangan waktu pengamatan, dan pengecekan anggota. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Simpulan penelitian yang didapatkan adalah: (1) jenis usaha mandiri sekolah di SMKN 6 Kota Malang yaitu: (a) bank sampah sekolah; (b) business center school; dan (c) bengkel AC mobil, (2) di dalam pengelolaan usaha mandiri sekolah di SMKN 6 Kota Malang, masing-masing unit usaha mandiri sekolah memiliki kerjasama dengan pihak luar sekolah, yaitu dengan pihak Bank Sampah Malang, eSWe, Aice, dan Toyota Auto 2000, (3) indikator kualitas jika dilihat dari adanya usaha mandiri sekolah yaitu sekolah menjadi terkenal, kebutuhan peserta didik dan warga sekolah lainnya terpenuhi, dan sekolah memiliki alat serta lokasi untuk praktik, (4) faktor penunjang usaha mandiri sekolah dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan yang berkaitan dengan keterlambatan pembayaran SPP, proses belajar dan mengajar, dan program pemerintah, (5) faktor penghambat usaha mandiri sekolah di SMKN 6 Kota Malang yaitu datangnya musim liburan yang menyebabkan bank sampah sekolah menjadi tidak produktif, adanya pelanggaran yang dilakukan pada unit usaha business center school, dan sistem administrasi bengkel AC mobil yang kurang baik, (6) solusi dari faktor penghambat usaha mandiri sekolah di SMKN 6 Kota Malang yaitu dengan cara menutup sementara usaha mandiri sekolah, melakukan pengawasan terhadap unit usaha mandiri, dan menetapkan jadwal secara rinci agar tercipta kejelasan tanggungjawab. Berdasarkan simpulan penelitian ini disarankan kepada: (1) Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk selalu mengupayakan usaha mandiri sekolah untuk berdiri dan berkembang guna membantu, memfasilitasi, dan memenuhi segala kebutuhan peserta didik, warga sekolah, dan masyarakat sekitar, (2) Kepala SMKN 6 Kota Malang untuk selalu meningkatkan pengawasan pada usaha mandiri sekolah agar bisa berkembang dan lebih baik hingga tercapainya tujuan pendidikan di SMKN 6 Kota Malang, (3) Komite SMKN 6 Kota Malang untuk selalu membantu upaya peningkatan kualitas pendidikan melalui usaha mandiri sekolah di SMKN 6 Kota Malang, (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu referensi tema penelitian mahasiswa yang berkaitan dengan pengelolaan usaha mandiri sekolah, serta menjaga kerjasama dengan SMKN 6 Kota Malang guna pelaksanaan penelitian, dan (5) peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian berkaitan dengan usaha mandiri sekolah di sekolah menengah kejuruan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68658

Actions (login required)

View Item View Item