Datul, Isa Qori (2019) Manajemen layanan khusus peserta didik bidang Bimbingan Konseling (BK) dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) (studi kasus di SD Plus Al-Kautsar Malang) / Isa Qori Datul. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Datul Isa Qori. 2019. Manajemen Layanan Khusus Peserta Didik Bidang Bimbingan Konseling (BK) dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Studi Kasus di SD Plus Al-Kautsar Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Maisyaroh M.Pd. (II) Dr. Juharyanto M.M. M.Pd. Kata Kunci Manajemen Layanan Khusus BK UKS Manajemen layanan khusus merupakan salah satu substansi manajemen pendidikan yang bertujuan untuk memperlancar proses pelaksanaan pendidikan di sekolah dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bidang akademik maupun non akademik guna mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Keberadaan layanan khusus BK dan UKS di sekolah dasar merupakan hal yang penting. Layanan BK dapat membantu permasalahan yang dialami oleh peserta didik. Sedangkan layanan UKS dapat membantu menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan layanan BK dan UKS di SD Plus Al-Kautsar Malang pengorganisasian layanan BK dan UKS di SD Plus Al-Kautsar Malang pelaksanaan layanan BK dan UKS di SD Plus Al-Kautsar Malang dan evaluasi layanan BK dan UKS di SD Plus Al-Kautsar Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengecekan anggota dan menggunakan kecukupan bahan referensi. Kegiatan analisis data dimulai dari pengumpulan data reduksi data display penyajian dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh temuan bahwa perencanaan program BK dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru dan tertulis dalam bentuk program tahunan BK. Sedangkan perencanaan program UKS dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru dan tertulis dalam bentuk program tahunan UKS BK SD Plus Al-Kautsar Malang tidak memiliki struktur organisasi sendiri. Jadi struktur organiasai BK mengikuti struktur organisasi sekolah. Sedangkan struktur organisasi UKS dimulai dari lurah sebagai pembina kepala sekolah sebagai ketua kepala bidang kesiswaan sebagai wakil ketua I kepala bagian layanan khusus sebagai wakil ketua II petugas UKS sebagai sekretaris dan anggota yang terdiri dari unsur puskesmas komite dan dewan anak pelaksanaan layanan BK dilakukan melalui beberapa program yakni program konsultasi dengan psikolog tes MIR parenting class kunjungan kelas dan kunjungan rumah. Sedangkan pelaksanaan layanan UKS berdasarkan TRIAS UKS yakni pendidikan kesehatan pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat evaluasi layanan BK dilakukan pada akhir tahun ajaran melalui rapat akhir tahun dan petugas BK membuat laporan program kerja BK yang berisi program-program yang telah dilaksanakan selama satu tahun ajaran. Sedangkan evaluasi layanan UKS dilakukan pada akhir tahun ajaran melalui rapat akhir tahun dan petugas UKS membuat laporan program kerja UKS yang berisi program-program yang telah dilaksanakan selama satu tahun ajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan beberapa hal untuk pihak yang terkait dengan Manajemen Layanan Khusus peserta didik bidang BK dan UKS yaitu bagi Kepala SD Plus Al-Kautsar Malang hendaknya dapat melaksanakan pengawasan pelaksanaan program BK agar program yang telah disusun dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal Petugas BK SD Plus Al-Kautsar Malang hendaknya dapat meningkatkan pengelolaan BK dengan melaksanakan program yang belum terlaksana Petugas UKS SD Plus Al-Kautsar Malang hendaknya dapat meningkatkan pengelolaan UKS dengan menyusun data peminjaman dan pengembalian sarana UKS Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi tema penelitian mahasiswa yang berkaitan dengan Manajemen Layanan Khusus bidang BK dan UKS dan Peneliti lain hendaknya penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi dan inspirasi untuk melanjutkan penelitian tentang manajemen layanan khusus bidang BK dan UKS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/68656 |
Actions (login required)
View Item |