Implementasi program sekolah berbasis ramah anak untuk menguatkan nilai Panca karakter siswa di SDN Anak Saleh Kota Malang / Neris Eka Agustina

Agustina, Neris Eka (2019) Implementasi program sekolah berbasis ramah anak untuk menguatkan nilai Panca karakter siswa di SDN Anak Saleh Kota Malang / Neris Eka Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Agustina, Neris Eka. 2019. Implementasi Program Sekolah Berbasis Ramah Anak Untuk Mengutkan Nilai Panca Karakter Siswa di SD Anak Saleh Kota Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin, M.Pd, (II) Imam Gunawan, M.Pd. Kata Kunci: implementasi program sekolah, ramah anak, panca karakter Implementasi program sekolah dengan menginternalisasikan prinsip ramah anak di SD Anak Saleh merupakan bentuk concern terhadap sekolah ramah anak, karena melihat kondisi saat ini yang marak beredarnya kasus-kasus kekerasan terhadap anak dan salah satunya kekerasan di sekolah. Hal ini juga sebagai upaya peningkatan mutu peserta didik melalui penguatan nilai-nilai karakter positif. Melalui program-program inovatif yang berbasis ramah anak dapat menguatkan karakter positif kepada peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi program sekolah berbasis ramah anak untuk menguatkan nilai panca karakter siswa di SD Anak saleh Kota Malang, yang meliputi: (1) karakteristik nilai panca karakter yang menjadi acuan /visi di SD Anak Saleh; (2) program sekolah berbasis ramah anak untuk menguatkan nilai panca karakter siswa di SD Anak Saleh; (3) kontribusi dan upaya yang dilakukan warga sekolah untuk mendukung program-program berbasis ramah anak untuk menguatkan nilai panca karakter siswa di SD Anak Saleh Kota Malang. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus untuk memperoleh data deskriptif secara alamiah, komprehensif, dan intensif. Pemilihan jenis studi kasus didasarkan atas adanya penemuan kasus yang unik yaitu implementasi program sekolah berbasis ramah anak untuk menguatkan nilai panca karakter siswa yang menjadi khas sekolah hingga melahirkan karakteristik warga sekolah yang berpanca karakter. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam pengumpulan data, peneliti berperan sebagai key instrument dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan sebagai key informan. Analisis data dilakukan selama di lapangan dan setelah selesai di lapangan. Secara interaktif kegiatan analisis data ini dilakukan dengan serangkaian proses reduksi data, display data, dan verifikasi data. Setelah diperolehnya data penelitian dilakukan pengecekan keabsahan data melalui uji kredibilitas dengan metode triangulasi, pengecekan anggota, dan kecukupan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) panca karakter meliputi kesalehan personal yang menitikberatkan pada ketauhidan atau akidah dan akhlak, kesalehan sosial yang menitikberatkan pada kepedulian, kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi pada manusia, kesalehan kealamiahan menitikberatkan pada menjaga dan mencintai serta melestarikan alam sekitar, kesalehan kecendekiaan menitikberatkan pada kemampuan berfikir inovatif, kreatif serta keseimbangan olah fikir dan hati, dan kesalehan kebangsaan yang menitikberatkan pada cinta tanah air dan memiliki jiwa patriotisme; (2) program sekolah berbasis ramah anak meliputi homebase system, morning activity, green mom community dan kegiatan vii outing sekolah. Program tersebut menguatkan nilai panca karakter siswa sehingga dampak yang terjadi pada siswa antara lain (a) memunculkan rasa tanggung jawab melakukan ibadah sholat tanpa disuruh; (b) memunculkan rasa tanggung jawab dengan mengembalikan buku yang dipinjam di perpustakaan tepat waktu; (c) melakukan ibadah sholat dengan tertib dengan dipandu anggota TTM; (d) memunculkan kepedulian kepada sesama teman yang tidak bisa mengerjakan tugas dan membantunya; (e) peduli dengan teman yang tidak membawa bekal ke sekolah sehingga memberikan sebagian bekal yang dibawanya kepada teman tersebut; (f) tidak ada bullying dalam sekolah; (g) tidak memetik tanaman sembarangan; (h) tidak menyakiti hewan; (i) anak menjadi betah dan nyaman belajar di sekolah sehingga selalu merindukan masuk sekolah ketika liburan berlangsung; (j) membuang sampah pada tempatnya; (k) berprestasi akademik dan non akademik; (l) mampu berfikir inovatif dan kreatif membuat kreativitas dari barang bekas; (m) sikap disiplin dan siap ketika melakukan upacara; (n) memunculkan kasih sayang terhadap kakak dan adik kelas; (o) sikap sopan dan santun terhadap ustadz ustadzah dan juga orangtua; dan (p) memunculkan antusias dalam berlomba-lomba untuk mencari kebaikan. (3) upaya dan kontribusi dari warga sekolah antara lain (a) ketua yayasan berupa instruksi, pembinaan serta menyediakan sarana dan prasarana yang ramah anak; (b) kepala sekolah ada upaya formatif dan substanstif; (c) guru dan tenaga kependidikan berupa motivasi; (d) komite sekolah yaitu senantiasa menjadi partner dari sekolah untuk bekerja sama dalam menyukseskan program sekolah berbasis ramah anak untuk menguatkan nilai panca karakter siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberi saran: (1) Ketua Yayasan SD Anak Saleh diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan serta mengembangkan inovasinya dalam menyusun program-program sekolah berbasis ramah anak agar trademark ramah anak di SD Anak Saleh akan tetap ada dan panca karakter tercapai; (2) Kepala SD Anak Saleh diharapkan tidak hanya mengikutsertakan guru untuk diklat, melainkan tenaga kependidikan agar memahami makna ramah anak serta dapat meningkatkan peran sertanya dalam mendukung trademark ramah anak dan pencapaian panca karakter. Selain mengikutsertakan diklat ekstern, kepala sekolah dan juga yayasan sebaiknya mengadakan diklat dan pembinaan intern secara kontinu dalam lingkup sekolah; (3) Guru SD Anak Saleh, hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan peran sertanya dalam kegiatan berbasis ramah anak agar terwujudnya keefektifan nilai panca karakter Anak Saleh; (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan program sekolah inovatif berbasis ramah anak yang berkarakter dapat dijadikan referensi dalam pengembangan ilmu manajemen peserta didik , terutama pada pencapaian pendidikan karakter di sekolah; (5) Peneliti lain, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk melakukan penelitian yang sejenis secara mendalam, terutama terkait nilai karakter personal yang menjadi dasar, baik pada latar dan objek yang sama maupun latar objek yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68655

Actions (login required)

View Item View Item