Analisis kesesuaian isi buku guru kelas V SD tema 6: Panas dan Perpindahannya tahun 2017 dengan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 / Novy Intan Priyantika - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesesuaian isi buku guru kelas V SD tema 6: Panas dan Perpindahannya tahun 2017 dengan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 / Novy Intan Priyantika

Priyantika, Novy Intan (2018) Analisis kesesuaian isi buku guru kelas V SD tema 6: Panas dan Perpindahannya tahun 2017 dengan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 / Novy Intan Priyantika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Priyantika Novy Intan. 2018. Analisis Kesesuaian Isi Buku Guru Kelas V SD Tema 6 Panas dan Perpindahannya Tahun 2017 dengan Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (II) Dra. Nihayati S.Pd. M.Pd Kata kunci analisis buku guru pendekatan saintifik Kurikulum 2013 Latar belakang penelitian ini yaitu mengenai Analisis Kesesuaian Isi Buku Guru Kelas V SD Tema 6 Panas dan Perpindahannya Tahun 2017 dengan Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 masih memerlukan perbaikan. Langkah-langkah pembelajaran pada buku guru masih ada beberapa yang tidak sesuai dengan indikator-indikator komponen pendekatan saintifik. Ketidaksesuaian penerapan pendekatan saintifik pada buku guru kelas V SD tema 6 Panas dan Perpindahannya subtema 1 pembelajaran pertama yang seharusnya indikator tersebut masuk dalam komponen kegiatan percobaan namun dalam buku guru masuk dalam komponen kegiatan pengamatan. Buku ini sudah melalui beberapa perbaikan oleh ahli namun tidak menutup kemungkinan masih adanya beberapa kekurangan pada buku dengan edisi yang berbeda. Oleh karena itu dilakukanlah penelitian pada buku dengan edisi yang berbeda yaitu Buku Guru Kelas V SD Kuikulum 2013 Revisi 2017 Tema 6 Panas dan Perpindahannya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan kesesuaian isi buku guru Kelas V SD Tema 6 Panas dan Perpindahannya tahun 2017 dengan pendekatan saintifik dalam Kurikulum 2013. Iinstrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar pengamatan /observasi berbentuk tabel. Kemudian teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis ditemukan hal-hal sebagai berikut (1) kesesuaian komponen mengamati sebesar 69 4% dan masuk dalam kategori sesuai (2) kesesuaian komponen menanya sebesar 34 2% yang artinya masuk kategori kurang sesuai (3) kesesuaian komponen mengumpulkan informasi/mencoba memiliki presentase kesesuaian 52 7% yang artinya cukup sesuai (4) kesesuaian komponen mengasosiasi/menalar memiliki presentase kesesuaian sebesar 67 5% yang artinya sesuai dan (5) kesesuaian komponen mengomunikasikan memiliki presentase kesesuaian sebesar 58 3% yang artinya cukup. Kesimpulan umum bahwa kesesuaian buku guru kelas V SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 6 Panas dan Perpindahannya dengan komponen pendekatan saintifik mendapatkan skor sebesar 56 4% yang artinya masuk dalam kategori cukup atau dapat digunakan dengan tetap dilakukan revisi yang harus diperhatikan guna melengkapi kekurangan yang ada. Dengan begitu disarankan bagi guru untuk memiliki bahan ajar tambahan guna melengkapi kekurangan yang ada untuk pelaksanaan belajar mengajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6865

Actions (login required)

View Item View Item