Kepemimpinan situasional untuk meningkatkan daya saing luaran pendidikan abad 21 (studi kasus di SMP Brawijaya Smart School Malang) / Vivi Nindiantika

Nindiantika, Vivi (2019) Kepemimpinan situasional untuk meningkatkan daya saing luaran pendidikan abad 21 (studi kasus di SMP Brawijaya Smart School Malang) / Vivi Nindiantika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Nindiantika, Vivi. 2019. Kepemimpinan Situasional untuk Meningkatkan Daya Saing Luaran Pendidikan Abad 21: Studi Kasus di SMP Brawijaya Smart School. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin, M.Pd., (II) Dr. Juharyanto, M.M, M.Pd. Kata Kunci: Kepemimpinan Situasional, Luaran Pendidikan Abad 21 Pendidikan abad 21 bukan lagi sebagai wacana ataupun gagasan, tetapi harus mampu diwujudkan melalui sebuah pembelajaran. Daya saing yang semakin ketat menuntut luaran pendidikan abad 21 harus memenuhi tiga komponen yang utama yaitu: (1) karakter; (2) kompetensi (3) literasi. Kepala sekolah memiliki peran penting dalam mengembangkan kompenen luaran pendidikan abad 21 yang dilakukan melalui kebijakan dan pengkondisian dalam mempengaruhi semua komponen yang terlibat dalam pendidikan. Pengkondisian yang dilakukan kepala sekolah dalam mempengaruhi semua komponen pendidikan tidak dapat dilakukan secara kaku karena akan memperhambat pengimplementasian pendidikan abad 21. Bagaimanapun hebatnya kualitas seorang pemimpin, jika tidak mendapat dukungan pengikut dan situasinya, maka kepemimpinannya akan jatuh. Hal ini merupakan kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan daya saing luaran pendidikan abad 21. Salah satunya dalam kepemimpinan kepala SMP Brawijaya Smart School yang telah menerapkan komponen pendidikan abad 21 berdasar situasi dan kondisi saat ini dan yang akan mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) profil daya saing luaran pendidikan abad 21 yang akan oleh SMP Brawijaya Smart School yang meliputi: (a) karakter; (b) kompetensi; dan (c) wawasannya; (2) perilaku kepemimpinan situasional yang diterapkan di SMP Brawijaya Smart School untuk mencapai luaran pendidikan abad 21 yang diharapkan, meliputi: (a) orientasi visi, misi, dan tujuannya; (b) program yang dibuat; dan (c) langkah-langkah yang ditempuh; (3) mendeskripsikan pengkodisian dalam kepemimpinan situasional untuk meningkatkan daya saing luaran pendidikan abad 21 di SMP Brawijaya Smart School, yaitu: (a) pengkondisian dalam mempengaruhi guru; (b) pengkondisian dalam mempengaruhi tenaga kependidikan; (c) pengkondisian dalam mempengaruhi wali murid; dan (d) pengkondisian dalam mempengaruhi peserta didik. Rancangan penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif studi kasus dan menjadikan SMP Brawijaya Smart School sebagai lokasi penelitiannya. Kehadiran peneliti dilapangan sebagai instrumen kunci untuk melakukan pengumpulan data sehingga peneliti berupaya menciptakan hubungan baik dengan subjek penelitian di SMP Brawijaya Smart School. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan melakukan reduksi sesuai kode yang telah dibuat oleh peneliti, kemudian data disajikan dan ditarik kesimpulan. Perolehan keabsahan data, peneliti menggunakan 2 kriteria yakni: (1) triangulasi; dan (2) ketekunan pengamatan. vi Temuan penelitian ini adalah: (1) profil daya saing luaran pendidikan abad 21 yang dituju sekolah berdasarkan tinjauan karakter adalah karakter moral dan karakter kinerja; profil daya saing luaran pendidikan abad 21 yang dituju sekolah berdasarkan tinjauan komperensi yaitu kerjasama, komunikasi, kreatif dan inovatif, dan berpikir kritis serta pemecahan masalah; profil daya saing luaran pendidikan abad 21 yang dituju sekolah berdasarkan tinjauan wawasan yaitu melalui literasi baca, budaya, dan teknologi; (2) perilaku kepemimpinan situasional prientasi visi, misi dan tujuan yaitu berkarakter yang ceras melalui perilaku senyum, salam, sapa, disiplin, kebersihan lingkungan sekolah, kegiatan keagamaan, unggul pengimplementasiannya melalui KBM, prestasi yang dicapai, pelayanan yang prima, sarana dan prasarana, bermutu pengimplementasiannya melalui workshop , studi lanjut/pertukaran pelajar, kerjasama ptk yang professional; program yang dibuat adalah Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK), 1 kelas full Bahasa Inggris, 4 kelas regular, kegiatan religi, Sholat Dhuha, Dzuhur dan Azar berjamaah, wali kelas dan pembimbing akademik, outbond, sinau wisata dan bela negara, program peningkatan akademik; langkah yang ditempuh yaitu melalui aspek pelebaran jaringan dan aspek daya saing, relevansi, efisiensi, dan kualitas; (3) pengkondisian perilaku kepemimpinan situasional yang dilakukan kepala sekolah dalam mempengaruhi guru dan tenaga kependidikan melalui fleksibel, morning meeting, pendekatan personal, orang ke 3, koordinasi berkelanjutan; pengkondisian perilaku kepemimpinan situasional yang dilakukan kepala sekolah dalam mempengaruhi wali murid melalui program unggulan, rapat, paguyupan kelas, open class, koordinasi whtasapp. pengkondisian perilaku kepemimpinan situasional yang dilakukan kepala sekolah dalam mempengaruhi peserta didik yaitu melalui ekstrakurikuler. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan yaitu kepada: (1) kepala sekolah, para guru, dan pihak yayasan dapat berkoordinasi lebih intensif lagi mengenai pengimplementasian pendidikan abad 21; (2) pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Brawijaya Smart School dapat meningkatkan pelayanan secara prima dengan memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi untuk menunjang pendidikan abad 21; (3) masyarakat bisa mengikuti kegiatan open class yang diselenggarakan oleh pihak sekolah sebagai gambaran mengenai pendidikan untuk meningkatkan daya saing abad 21 bagi putra-putrinya; (4) peneliti lain dengan penelitian sejenis dapat menjadikan skripsi ini sebagai referensi serta dapat melanjutkan penelitian tentang kepemimpinan yang lainya dengan lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68643

Actions (login required)

View Item View Item