Peningkatan kemampuan menentukan kalimat utama dalam paragraf melalui model scramble pada siswa kelas IV SDN Batuaji 01 Kabupaten Kediri / Nopia Tri Mahardini

Mahardini, Nopia Tri (2018) Peningkatan kemampuan menentukan kalimat utama dalam paragraf melalui model scramble pada siswa kelas IV SDN Batuaji 01 Kabupaten Kediri / Nopia Tri Mahardini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Mahardini, Nopia Tri. 2018. Peningkatan Kemampuan Menentukan Kalimat Utama Dalam Paragraf Melalui Model Scramble Pada Siswa Kelas IV SDN Batuaji 01 Kabupaten Kediri. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suhel Madyono, S.Pd, M.Pd., (II) Esti Untari, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Kalimat Utama, Scramble, Paragraf Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap guru dan siswa kelas IV SDN Batuaji 1 Kabupaten Kediri diketahui bahwa terdapat permasalahan sebagai berikut. (1) hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia masih rendah ditunjukkan dari ketuntasan belajar yang hanya sebesar 47% atau sebanyak 14 dari 32 siswa berhasil tuntas, (2) siswa kurang mampu membedakan kalimat utama dengan gagasan utama, (3) siswa menganggap kalimat utama selalu terletak di awal paragraf, (4) guru tidak membentuk kelompok dalam pengelolaan kelas, (5) guru tidak menggunakan media atau model pembelajaran sehingga siswa kurang bersemangat dalam belajar, (6) guru tidak membuat RPP sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran scramble. Penelitian ditujukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa kelas IV SDN Batuaji 1 Kabupaten Kediri dalam menentukan kalimat utama dalam paragraf melalui penerapan model scramble. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Batuaji 01 Kabupaten Kediri pada kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen pedoman observasi guru dan siswa, lembar tes akhir, pedoman wawancara, dan lembar catatan lapangan. Setelah menerapkan model scramble pada pembelajaran menemukan kalimat utama dalam paragraf, aktivitas guru meningkat pada siklus I sebesar 85,7% dengan predikat baik menjadi 100% pada siklus II dengan predikat sangat baik. Aktivitas siswa juga meningkat dari 75% pada siklus I dengan predikat cukup menjadi 83,4% pada siklus II dengan predikat baik. Nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra tindakan ketuntasan belajar sebesar 33% menjadi 64% pada siklus I dengan kriteria kurang, namun pada siklus II meningkat menjadi 81% dengan predikat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan model scramble dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu guru dapat menerapkan model pembelajaran scramble sebagai salah satu inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya pada materi menemukan kalimat utama dalam paragraf.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6864

Actions (login required)

View Item View Item