Meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui media gambar pada kelas II SDN Dandangan 1 Kota Kediri / Muhamad Ginanjar Noviantomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui media gambar pada kelas II SDN Dandangan 1 Kota Kediri / Muhamad Ginanjar Noviantomo

Noviantomo, Muhamad Ginanjar (2018) Meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui media gambar pada kelas II SDN Dandangan 1 Kota Kediri / Muhamad Ginanjar Noviantomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Noviantomo Muhamad Ginanjar. 2018. Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Media Gambar pada Kelas II SDN Dandangan 1 Kota Kediri. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suhel Madyono S.Pd M.Pd. (II) Dra. Sri Murdiyah M.Pd. Kata Kunci keterampilan menulis deskripsi dan media gambar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada pembelajaran bahasa Indonesia yang dilakukan di kelas II SDN Dandangan 1 Kota Kediri menunjukkan bahwa (1) guru tidak menggunakan RPP (2) guru tidak menggunakan media dan (3) guru hanya menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas. Dalam menulis deskripsi masih ditemukan masalah. (1) siswa kesulitan menuangkan idenya dalam bentuk kata-kata/tulisan (2) siswa kurang memahami penggunaan ejaan dan tanda baca yang tepat (3) siswa kesulitan memilih kalimat yang efektif. Hasil dari menulis deskripsi siswa masih rendah dari 36 siswa hanya 16 siswa yang mencapai KKM dan 20 siswa belum mencapai KKM yaitu 75. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 36 siswa. Analisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media gambar dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan keterampilan siswa dalam menulis. Pada siklus I persentase aktivitas guru sebesar 82% pada siklus II meningkat menjadi 97%. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 81% meningkat pada siklus II menjadi 96%. Hasil keterampilan menulis deskripsi pada pratindakan memiliki ketuntasan belajar klasikal sebesar 44% dengan nilai rata-rata 63 meningkat menjadi 65% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 84% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar pada pembelajaran bahasa Indonesia materi mendeskripsikan tumbuhan dan hewan dalam bentuk bahasa tulis dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil keterampilan menulis di kelas II SDN Dandangan I Kota Kediri. Untuk itu diharapkan guru dapat menerapkan media gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi mendeskripsikan tumbuhan dan hewan dalam bentuk bahasa tulis agar aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil keterampilan menulis siswa dapat mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6862

Actions (login required)

View Item View Item