Aziz, Abdul (2018) Implementasi nili-nilai karakter pada ekstrakurikuler di SDN Lesanpuro 4 Kota Malang / Abdul Aziz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Aziz Abdul. 2018. Implementasi Nilai-nilai Karakter pada Ekstrakurikuler di SDN Lesanpuro 4 Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd M.Si (II) Putri Mahanani S.Pd M.Pd. Kata kunci Implementasi Nilai karakter Ekstrakurikuler. Penguatan pendidikan karakter diimplementasikan melalui intrakurikuler ko-kurikuler dan ekstrakurikuler. Melalui ekstrakurikuler dengan mengimplementasikan nilai karakter di luar jam intrakurikuler dan kokurikuler. SDN Lesanpuro 4 Kota Malang telah lama mengimplementasikan pendidikan karakter dan menjadi sekolah model dalam hal pengelolaan internal pada tahun 2017. Hasil penelitian sebelumnya pada sekolah lain menemukan beberapa nilai karakter yang termuat pada pelaksanaan ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata kelola ekstrakurikuler dan nilai-nilai karakter yang termuat pada ekstrakurikuler di SDN Lesanpuro 4 Kota Malang. Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi ini menemukan bahwa ekstrakurikuler yang terlaksana pada semester genap 2017/2018 di SDN Lesanpuro 4 Kota Malang meliputi ekstrakurikuler tari batik voli futsal bela diri (tapak suci) basket rohani dan pendidikan kepramukaan. Sedangkan ekstrakurikuler yang tidak terlaksana yaitu ekstrakurikuler sepatu roda. Semua ekstrakurikuler yang terlaksana memiliki bentuk prinsip pengembangan lingkup dan mekanisme kegiatan masing-masing. Setiap ekstrakurikuler yang terlaksana tersebut juga memuat nilai-nilai karakter tertentu dalam kegiatannya. Nilai karakter yang termuat bersumber dari 18 nilai karakter yaitu religius jujur toleransi disiplin kerja keras kreatif mandiri demokratis rasa ingin tahu semangat kebangsaan cinta tanah air menghargai prestasi bersahabat/ komunikatif cinta damai gemar membaca peduli lingkungan peduli sosial dan tanggungjawab. Berdasarkan temuan penelitian di atas peneliti menyarankan terkait tata kelola dan ekstrakurikuler yang bermuatan nilai karakter bagi sekolah untuk melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan pada pelaksanaan ekstrakurikuler memberikan pelatihan kepada pembina ekstrakurikuler untuk membuat program ekstrakurikuler yang bermuatan nilai karakter dan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program ekstrakurikuler. Bagi pemerintah membuat pedoman dan mengadakan pelatihan terkait penyusunan program ekstrakurikuler yang memuat nilai karakter. Selain itu bagi peneliti lain untuk mengembangkan penelitian terkait dengan fokus dan cakupan yang lebih luas dengan menggunakan metodologi penelitian yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6859 |
Actions (login required)
View Item |